Sunday, January 3, 2016

RUMPUT ODOT UNTUK PAKAN TERNAK

Salah satu alternatif hijauan pakan ternak yang bisa dikembangkan adalah rumput odot (Pennisetum purpureum cv. Mott). Rumput odot merupakan tanaman dalam spesies yang sama dengan rumput gajah (Pennisetum purpureum) yang biasa kita temui. Di luar negeri rumput odot disebut Dwarf Elephant Grass atau Mott Elephant Grass (Rumput gajah mini). Perbedaan rumput odot dengan rumput gajah pada umumnya adalah terletak pada tingginya dan jarak ruasnya serta daunnya yang tidak kaku. Hampir semua bagian rumput odot bisa dimakan oleh ternak ruminansia, sedangkan rumput gajah biasa hanya sekitar 60-70 % saja. Rumput odot merupakan jenis rumput unggul yang mempunyai produktivitas cukup tinggi yaitu mencapai 60 ton/ha/panen dan kandungan zat gizi yang cukup tinggi serta memiliki palatabilitas yang tinggi bagi ternak ruminansia. Rumput odot tumbuhnya merumpun dengan perakaran serabut yang kompak dan terus menghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur.
RUMPUT ODOT

Rumput Odot memiliki ciri yang berbeda dengan varietas Rumput Gajah yang lain. Tinggi maksimal hanya 1,5 – 2 meter saja dan batangnya tetap pendek meskipun sampai waktunya berbunga. Jarak antar ruas hanya 2-4 cm. Oleh karena ruas batangnya sangat pendek, daun nya lebih banyak di banding Rumput Gajah. Daun dan batangnya berbulu tetapi lebih jarang dan tidak selebat King grass. Rumput odot dibudidayakan dengan potongan batang (stek) atau sobekan rumpun (pols) sebagai bibit. Bahan stek berasal dari batang yang sehat dan tua, dengan panjang stek 20 – 25 cm (2 – 3 ruas atau paling sedikit 2 buku atau mata). Rumput odot memerlukan sinar matahari penuh agar pertumbuhannya maksimal. Jika ditempatkan di tempat yang agak teduh pertumbuhannya agak terganggu sehingga jumlah anakan dan umur panennya bisa lebih lama. Panen pertama pada usia 60 – 70 hari, selanjutnya dapat dipanen setiap 35 - 40 hari pada musim penghujan serta umur 40-50 hari pada musim kemarau. Rumput odot dapat disimpan sampai 3 hari tanpa perlakuan khusus, dan masih disukai ternak.
BIBIT RUMPUT ODOT

Kandungan nutrisi rumput odot:
Menurut beberapa informasi bahwa rumput odot ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih bauk dari rumput gajah, rumput ini memiliki protein kasar sekitar 10-15% tergantung dari umur panen dan lahan penanaman, serta kandungan serat kasar yang lebih rendah dari rumput gajah.
Keunggulan rumput odot adalah:
1.   Cepat bersemi (2-5 hari langsung bersemi setelah panen).
2.   Pertumbuhan cepat.
3.   Tidak gatal.
4.   Daun lemas dan batang lunak.
5.   Palatabilitas tinggi.
6.   Batang lunak mudah dimakan ternak.
7.   Mempunyai struktur serat yang kurang kuat pada dinding sel sehingga banyak terdapat karbohidrat mudah tercerna.
8.   Hampir semua bagian tanaman dapat dikonsumsi ternak (kecuali akar).