Sunday, June 7, 2015

KEUNTUNGAN SINKRONISASI (PENYERENTAKAN) BIRAHI

Dengan sistem penyerentakan birahi ini kita dapat merencanakan kapan dan berapa jumlah ternak yang akan kita jual. Kapan dibutuhkan pakan dan berapa jumlahnya dan bagaimana kualitasnya. Apabila hal ini dilakukan dengan cara berkelompok dalam satu desa, akan lebih baik lagi. Dalam penjualan ternak kita akan dapat lebih hemat dalam biaya produksi karena dilakukan secara massal. Jumlah produksi ternak pun dapat direncanakan dengan baik, sehingga tidak ada kelebihan produksi di suatu saat dan kekurangan produksi di saat yang lain. Sinkronisasi birahi adalah suatu pengendalian estrus yang dilakukan pada sekelompok ternak betina sehat dengan memanipulasi mekanisme hormonal, sehingga keserentakan estrus dan ovulasi dapat terjadi pada hari yang sama atau dalam kurun 2 atau 3 hari setelah perlakuan dilepas, sehingga Inseminasi Buatan dapat dilakukan serentak. Sinkronisasi atau induksi estrus adalah tindakan menimbulkan birahi, diikuti ovulasi fertil pada sekelompok atau individu ternak dengan tujuan utama untuk menghasilkan konsepsi atau kebuntingan. Sinkronisasi estrus biasanya menjadi satu paket dengan pelaksanaan IB, baik berdasarkan pengamatan birahi maupun IB terjadwal. Angka konsepsi atau kebuntingan yang optimum merupakan tujuan dari aplikasi sinkronisasi estrus ini.
KEUNTUNGAN SINKRONISASI (PENYERENTAKAN) BIRAHI
Manfaat atau keuntungan dari tindakan sinkronisasi birahi yang lain adalah:
1.  Optimalisasi dan efisiensi pelaksanaan IB. Dengan teknik ini dimungkinkan  pelaksanaan IB secara massal pada suatu waktu tertentu.
2.   Mengatasi masalah kesulitan pengenalan birahi. Karena ada beberapa ternak yang mengalami silent heat (Ternak hanya diam saja saat birahi, tidak memunculkan tanda-tanda birahi).
3.   Mengatasi masalah reproduksi tertentu, misalnya anestrus post partum (anestrus pasca beranak).
4.   Teknik ini dapat digunakan untuk mempercepat birahi kembali pasca beranak, pemendekkan days open (hari-hari kosong) dan pemendekkan jarak beranak.
5.   Dalam hubungan dengan prosedur saat ovulasi, agar dapat melakukan inseminasi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon