Wednesday, May 27, 2015

PEMBAGIAN KELAS BANGSA AYAM MODERN

Kelas ayam adalah sekumpulan atau sekelompok bangsa ayam yang dibentuk dan dikembangkan mula-mula didaerah tertentu yang karakteristik tiap-tiap bangsa dan sifat-sifatnya dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Bangsa ayam adalah suatu kelompok ayam yang memiliki persamaan dalam bentuk morphologis, sifat physiologis dan bentuk anatomis yang karakteristik untuk tiap-tiap bangsa dan sifat-sifat persamaan ini dapat diturunkan pada generasi berikutnya. Menurut The American Standart of Perfection unggas khususnya ayam didasarkan pada standar unggas yang dikelompokan berdasarkan ras, bangsa, varietas, dan strain. Berdasarkan buku standar terdapat sebelas kelas, namun hanya ada empat kelas yang penting, yaitu kelas Inggris, kelas Amerika, kelas Mediterania, dan kelas Asia (Suprijatna et al., 2005).

1.   KELAS INGGRIS
Ayam kelas Inggris merupakan sekelompok ayam yang dibentuk dan dikembangkan di Inggris dengan karakteristik bentuk tubuh besar, cuping berwarna merah, kulit putih, kerabang telur coklat kekuningan, dan bulu merapat ke tubuh. Contohnya antara lain Sussex, Cornish, orpington, Australorp, Dorking (Suprijatna et al., 2005). Bangsa ayam kelas Inggris sebagai ayam tipe dwiguna contohnya antara lain Orpington, Australorp, Dorking, Sussex, dan Red Cup (Yuwanta, 2004)

2.   KELAS AMERIKA
Ayam kelas Amerika merupakan kelompok ayam yang dibentuk dan dikembangkan di Amerika Serikat dengan karakteristik bentuk tubuh sedang, cuping telinga berwarna merah, bulu mengembang, dan kulit berwarna putih. Ciri khas lain kulit telur berwarna coklat kekuningan, cakar tidak berbulu, dan  terkenal  sebagai  tipe dwiguna. Bangsa-bangsa yang termasuk dalam kelas ini adalah Plymouth Rock, Wyandotte,  Rhode Island Red, Hampshire, Jersey (Suprijatna et al., 2005). Ayam kelas Amerika merupakan tipe dwiguna dengan antara lain Plymouth Rock, Rhode Island, Rhode Island Red, Rhode Island White, Wyandotte, danNew Hampshire (Yuwanta, 2004).
Ayam kelas Amerika (Rhode Island Red atau RIR)
Ayam RIR
3.   KELAS MEDITERANIA
Ayam kelas Mediterania merupakan kelompok ayam yang dikembangkan di sekitar Negara dan pulau di Laut Tengah seperti Spanyol dan Italia. Karakteristik bulu mengembang, cuping telinga berwarna putih, bentuk tubuh ramping, warna kulit putih, dan kerabang telur telur putih, dan merupakan tipe petelur. Bangsa-bangsa ayam yang termasuk dalam kelas ini antara lain  Leghorn, Ancona, Spanish, Minorca, Andalusia (Suprijatna et al., 2005). Bangsa kelas Mediterania yang terkenal antara lain Leghorn, Minorca, Ancona, Butter Cups, serta Blue Andalusia dan Spanish (Yuwanta, 2004).

4.   KELAS ASIA
Ayam Kelas Asia (Brahma)
Ayam Brahma
Ayam kelas Asia merupakan kelompok ayam yang dikembangkan di wilayah Asia. Karakteristik bentuk tubuh besar, bulu merapat tubuh, cuping berwarna merah, dan kerabang telur beragam, dari coklat kekuningan sampai putih. Ciri khas cakar berbulu, kulit berwarna putih sampai gelap dan merupakan tipe pedaging. Contohnya Brahma, Langshan, Cochin China (Suprijatna et al., 2005). Bangsa ayam kelas Asia yang terkenal antara lain Brahma dari India, Langshan dari Cina, dan Cochin dari Shanghai, Cina yang dikembangkan menjadi ayam Amerika dan Inggris dan merupakan tipe ayam pedaging (Yuwanta, 2004).
Sumber:
Suprijatna, E., U. Atmomarsonodan R. Kartasudjana. 2005. Penebar Swadaya, Jakarta. 
Yuwanta, T., 2004. Dasar Ternak  Unggas. Kanisius.  Yokyakarta.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon