Saturday, March 26, 2016

Mengetahui Jenis Kelamin Ternak Dengan Pendulum

Pendulum adalah sistem mekanik yang tersusun dari sebuah massa yang terikat oleh sebuah tali yang dapat berayun bebas sebagai respon terhadap gaya grafitasi. Pendulum yang sederhana dapat dibuat dengan menggunakan tali benang dan cincin. Banyak sekali manfaat dari pendulum ini, seperti untuk menghipnotis seseorang, mengetahui seseorang bohong atau tidak, mengerahui perasaan orang lain. Tetapi hal itu hanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Anda yang seorang peternak sebenarnya juga bisa memanfaatkan pendulum ini untuk mengetahui jenis kelamin ternak anda.

Pendulum telah banyak digunakan oleh banyak orang untuk mengetahui jenis kelamin kelamin yang dikandung oleh ibu hamil. Pernah saat saya sedang menonton acara dalam sebuah Televisi swasta yang mengundang ustad, dan Ustad itu menegaskan bahwa walau secara ilmiah pendulum ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tapi setidaknya anda bisa mencoba dengan menggunakan alat sederhana berupa pendulum untuk mengetahui jenis kelamin si bayi apakah perempuan atau laki-laki. Dengan cara ini kata ustad tersebut, banyak yang berhasil dalam artian tidak meleset dari perkiraan.

Saya juga mendapat ilmu dari para pecinta burung berkicau, bahwa mereka menggunkan pendulum ini untuk mengetahui jenis kelamin burung, karena ada sebagian burung yang sulit untuk di ketahui jenis kelaminnya.Hal ini seperti yang di utarakan di webnya http://omkicau.com, banyak para pecinta burung yang melakukan sexing dengan menggunakan pendulum ini. Tingkat akurasi dari metode pendulum cincin logam tau emas ini bisa mencapai 90%, sehingga banyak digunakan para penangkar di Indonesia, sejauh ini, metode tersebut mulai banyak digunakan para penangkar perkutut.

Contoh di atas merupakan orang-orang yang sudah melakukan metode sexing dengan menggunakan pendulum. Walapun belum ada penelitian lebih lanjut dan penjabaran secara ilmiah, kita juga bisa menggunakan pendulum ini untuk mengetahui jenis kelamin ternak yang masih kecil, seperti DOC, DOQ atau DOD. Bahkan cara ini dapat membedakan telur jantan dan betina dari telur ayam, telur bebek atau telur burung puyuh.
Mengetahui Jenis Kelamin Ternak Dengan Pendulum

Berikut cara untuk mengetahui jenis kemain ternak dengan menggunkan pendulum:
  1. Potong tali benang kira-kira penjangnya 15-20 cm.
  2. Ikatkan cincin yang terbuat dari logam atau emas pada ujung benang tadi.
  3. Untuk mengetahui jenis kelamin dari ternak kecil seperti unggas, kita dapat menaruh ternak unggas dalam sebuah wadah. 
  4. Julurkan pendulum yang sudah anda buat tadi di atas kepala ternak dengan jarak kira-kira 3-5 cm.
  5. Diamkan pendulum tersebut, nanti pendulum akan bergerak sendiri menurut jenis kelamin ternak anda.
  6. Apabila pendulum bergerak satu arah (maju mundur) berarti jenis kelaminnya adalah jantan. Dan apabila gerakan pendulum memutar secara kontinu, menandakan jenis kelaminnya betina.
  7. Untuk mengetahui jenis kelamin dari telur, cukup menaruhnya di tempat yang datar dan lakukan langkah-langkah seperti tadi.

Penggunakan pendulum ini harus dilakukan ditempat yang tidak ada anginnya agar tidak mengganggu gerakan cincin. Apabila anda masih kurang percaya dengan cara ini, anda dapat mencobanya terlebih dahulu pada keluarga atau teman anda. Taruh pendulum diatas kepalanya, dan lihatlah pergerakannya, apakah sesuai dengan jenis kelaminnya.

Semoga artikel tentang cara mengetahui jenis kelamin ternak dengan bantuan cincin dan benang ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Mungkin ada salah satu dari pembaca tertarik untuk melakukan penelitian dengan metode ini, saya doakan semoga sukses.