Tuesday, March 24, 2015

PENANAMAN HIJAUAN PAKAN TERNAK

Penanaman hijauan pakan ternak dilakukan pada awal musim penghujan setelah tanah terolah sempurna. Jarak tanam bibit bergantung pada jenis rumput dan tingkat kesuburan tanah. Bila tanah subur jarak dapat diperpendek dan bila tanah kurang subur jarak tanaman lebih baik diperpanjang agar persaingan antar tanaman dapat dikurangi. Bibit yang digunakan dipilih berkualitas baik agar sesuai dengan lingkungan, mudah dikembangkan dan dikelola serta memberikan produksi tinggi. Bibit hijauan dapat berupa sobekan rumpun (pols) potongan batang (stek), biji dan stolon. Jarak penanaman semua jenis rumput berjarak 1 X 1 M. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah perhitungan jumlah bibit yang dibutuhkan. Cara penanaman bibit hijauan ada 4, yaitu :

1. Pols

Sobekan rumpun (pols) yang baik diperoleh dari rumpun yang sehat, mengandung banyak akar dan calon anakan baru(tepi rumpun) dan vegetatifnya dipotong agar tidak terlalu banyak penguapan, sebelum sistem perakarannya dapat menghisap air secara aktif. Setiap pols terdiri dari 1-2 batang rumput dan diambil dari bagian rumpun yang baru. Penanaman dilakukan dengan membuat lubang-lubang di areal yang akan ditanami dan kemudian rumpun diletakkan di dalam lubang setelah itu lubang ditutup dengan tanah. Tanaman yang penanamannya menggunakan teknik pols contohnya adalah rumput star grass dan rumput bede (Brachiaria decumbens)

2. Stek
Stek adalah cara tanam yang menggunakan batang sebagai media tanam, stek diambil dari batang tua dan sehat serta minimal terdapat 2 ruas calon bibit. Bagian bawah pada bibit berujung lancip untuk memudahkan dalam penancapan stek ke tanah. Cara penanamannya dilakukan dengan penancapan benih stek ke dalam tanah. Kedudukan pada stek lebih baik miring untuk memudahkan pertumbuhan bibit. Setelah panancapan tanah ditekan rapat supaya stek tidak mudah rebah dan kering dan memudahkan calon akar untuk tumbuh. Tanaman yang penanamannya menggunakan teknik stek contohnya adalah rumput gajah.

3. Stolon
Stolon adalah cara penanaman dengan menggunakan potongan batang yang merayap atau batang yang berhimpit dengan tanah. Cara penanamanya adalah ruas bagian bawah dimasukkan ke dalam tanah karena akan tumbuh akar. Pada stolon bibit rumput berkedudukan berbaring pada tanah dan akan tumbuh menyebar dan membentuk suatu rumpun baru.

4. Biji
Biji adalah cara penanaman dengan menggunakan benih biji dari tanaman itu sendiri, contoh tanaman yang menggunakan cara tanam benih biji adalah jagung. Cara penanamannya adalah dengan membuat lubang-lubang di areal yang akan ditanami jagung lalu biji jagung dimasukkan ke dalam lubang-lubang tersebut.


1. Perawatan
Dalam menjaga pertumbuhan tanaman agar dapat tumbuh dan berproduksi tinggi perlu dilakukan perawatan pada kebun rumput yaitu berupa peyulaman, pembersihan gulma, pendangiran, pemupukan, pembersihan saluran drainase, dan peremajaan.
a. Penyulaman
Penyulaman adalah suatu kegiatan yang di lakukan untuk mengganti tanaman yang mati dengan tanaman yang baru sehingga populasi tanaman sesuai dengan jumlah produksi yang diinginkan.

b. Pembersihan gulma
Pembersihan gulma adalah untuk membersihkan rumput liar ataupun tanaman lain yang dapat mengganggu tanaman pokok. Tumbuhan liar tersebut dapat bersaing dengan tanaman pokok terhadap air, sinar matahari, zat hara dan dalam pengelolaan. Hal tersebut dapat mengganggu pertumbuhan tanaman pokok sehingga pertumbuhan terganggu dan akhirnya mati. Pembersihan gulma dilakukan dengan menggunakan alat cangkul dan sabit.

c. Pendangiran
Pendangiran yaitu usaha menggemburkan tanah disekitar tanaman dengan maksud untuk memperbaiki struktur tanah yang berguna bagi pertumbuhan tanaman.

d. Pemupukan
Tujuan dari pemupukan adalah memberi zat makanan untuk tanaman, mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki struktur tanah. Pemupukan dengan pupuk buatan jenis urea dengan dosis 250 kg/ha dan pupuk organik dengan dosis 4000 kg/ha.

e. Pembersihan drainase
Pembersihan drainase adalah cara untuk membersihkan saluran air dari kotoran atau tumbuhan yang menghambat suplai air ke lahan. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan sabit dan cangkul dengan tujuan agar hijauan pakan mendapatkan suplai air yang cukup. Sumber air berasal dari limbah cair kandang atau air bekas memandikan sapi dan kotoran cair.

2. Pemotongan

Pemotongan rumput dilakukan pada umur 55 hari yaitu rumput sebelum berbunga. Alasan mengapa dilakukannya pemotongan rumput usia 55 hari yaitu bahwa kandungan nutrisi terbaik di umur tersebut. Pemotongan tanaman yang ditinggalkan tidak boleh terlalu pendek maupun terlalu tinggi yaitu berkisar anta 8-15 cm diatas permukaan tanah.

3. Peremajaan

Peremajaan tanaman dilakukan ketika tanaman rumput tidak menunjukkan pertumbuhan yang bagus dan produktifitasnya menurun. Peremanjaan tersebut pada rumput yang sudah tua antara 5 tahun untuk jenis rumput sedangkan untuk kaliandra dan gamal 10-15 tahun.
Terimakasih telah membaca artikel tentang penanaman hijauan pakan ternak. Semoga bermanfaat.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon