page hit counter -->

KARAKTERISTIK SAPI LIMOUSIN / LIMOSIN


Sapi Limousin merupakan keturunan sapi Eropa (bos taurus) yang berkembang di Perancis. Karakteristik Sapi Limousin adalah pertambahan badan yang cepat perharinya sekitar 1,1 kg, tinggi mencapai 1,5 m, bulu tebal yang menutupi seluruh tubuh warnanya mulai dari kuning sampai merah keemasan, tanduknya berwarna cerah, bobot lahir tergolong kecil sampai medium (sapi betina dewasa mencapai 575 kg dan pejantan dewasa mencapai berat 1100 kg), fertilitasnya cukup tinggi, mudah melahirkan, mampu menyusui, dan mengasuh anak dengan baik serta pertumbuhannya capat (Blakely dan Bade, 1994). Sapi limousin merupakan sapi pedaging bertipe besar dan mempunyai volume rumen yang besar. Sapi limousin keunggulan dari segi pertumbuhan badannya yang sangat cepat.

SapiLimousin dapat berproduksi secara optimal pada daerah yang beriklim temperatur dengan suhu antara 4-150C dengan mendapat hijauan serta konsentrat yang bernilai tinggi (Meyn, 1991). Menurut Thomas (1991), Sapi Limousin memiliki berat lahir rata-rata 39,95 kg dengan berat sapih pada umur 205 hari yaitu 198 kg. Sapi Limousin termasuk ternak potong berkualitas baik, bentuk tubuhnya panjang, dan tingkat pertumbuhannya tinggi (Suharyati dan Madi, 2011).

Sapi limousin murni masih sulit ditemukan di indonesia. Sapi limousin yang dipelihara peternak umumnya merupakan hasil persilangan dengan sapi lokal. Kebanyakan sapi limousin yang ada di indonesia adalah limousin cross. Persilangan tersebut misalnya dengan peranakan ongole (PO), Brahman, Hereford. Persilangan sapi limousin dengan sapi ongole dikenal dengan nama sapi Limpo (limousin ongole). Sapi limpo memiliki ciri tidak berpunuk, tidak bergelambir, dan warna bulu hanya cokelat kehitaman atau cokelat muda (Syamsul dan Ruhyadi, 2012).
KARAKTERISTIK SAPI LIMOUSIN / LIMOSIN

Menurut BBIB Singosari
Ciri-Ciri Sapi Limousin
1.   Warna coklat muda, kuning agak kelabu
2.   Bentuk tubuh besar, panjang, kompak dan padat.
3.   Cocok di daerah yang mempunyai curah hujan tinggi.
4.   Sangat cocok dipelihara di daerah dengan iklim sedang.
Keunggulan Sapi Limousin
1.   Pertumbuhan badan sangat cepat.
2.   Berat jantan dewasa mencapai lebih 1.000 kg.
3.   Kualitas daging tinggi.
4.   Telah dikenal dan disukai peternak.

Sumber:
Blakely, J. dan D. H. Bade. 1994. Ilmu Peternakan Cetakan ke-4. Gadjah Mada University Press,Yogyakarta. ( Diterjemahkan oleh B.Srigandono).
http://bbibsingosari.com/variant/
Meyn, K. 1991. The contribution of european cattle breeding to cattle production in the third world. Animal Research and Development. Vol 34.  Institute for Wissen Schaftliche Zusam Menarbeit. Federal Republic of Germany.
Suharyati, S. dan H. Madi. 2011. Preservasi dan Kriopreservasi Semen sapi Limousin Dalam Berbagai bahan Pengencer. Universitas Lampung. Lampung.
Syamsul, F., dan D. ruhyadi. 2012. Bisnis Penggemukan Sapi. Pt Agromedia pustaka. Jakarta
Thomas, V. M. 1991. Beef Cattle Production. Wafel and Press. Montana University. USA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel