Sunday, April 24, 2016

Manajemen Kesehatan Ternak Kuda

Kesehatan merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan usaha ternak kuda. Lemahnya kesehatan kuda akan menyebabkan timbulnya penyakit. Untuk itu, menjaga kesehatan kuda lebih penting dilakukan dari pada mengobati. Namun demikian, pemahaman tentang penyakit yang menyerang kuda, meliputi gejala, penyebab dan cara mengatasinya harus dikuasai peternak. Menjaga kesehatan kuda menjadi perioritas penting yang harus dilakukan peternak. Pemberian pakan berkualitas, pengelolaan dan pemeliharaan yang lain, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan kuda.

Program kesehatan pada ternak kuda mencakup pencegahan penyakit, pemberian vitamin, pemberian obat cacing dan tindakan pertolongan pertama. Merupakan suatu hal yang penting untuk senantiasa membuat diagnosis yang tepat dan memiliki pengetahuan yang benar tentang pengobatan yang memadai. Pemilik atau peternak kuda sebaiknya memanfaatkan jasa dokter-dokter hewan agar berhasil mengendalikan gangguan-gangguan penyakit dan masalah-masalah kesehatan yang lain dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keberhasilan dalam pengelolaan ternak kuda.

Manajemen Kesehatan Ternak Kuda

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diprhatikan dalam melakukan manajemen kesehatan pada ternak kuda:

1.  Sanitasi
Merupakan suatu kegiatan yang meliputi kebersihan kandang dan lingkungannya termasuk peralatan. karena dengan keadaan kandang sana lingkungan yang bersih. Kesehatan ternak kuda maupun pemiliknya akan terjamin. Kebersihan kandang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan sehingga lingkungan tidak bau dan lembab

Keuntungan Melakukan Sanitasi
  • Dapat mencegah penyakit
  • Hemat biaya pengobatan ternak
  • Menjaga kesehatan ternak kuda
  • Meningkatkan nafsu makan ternak
  • Kandang dan lingkungan kerja menjadi nyaman 
Kerugian Bagi Yang Tidak Melakukan Sanitasi
  • Ternak kuda mudah terkena penyakit
  • Boros biaya pengobatan
  • Penularan penyakit dapat terjadi.
  • kandang dan lingkungan menjadi kotor.

Yang harus di perhatikan dalam melakukan sanitasi :
Kandang, lantai diupayakan selalu dalam kondisi kering dan bersih, sirkulasi udara terjamin dan tempat untuk mendapatkan sinar matahari pagi. 

Lingkungan di sekitar kandang dibuat parit agar terbebas dari genangan air atau lembab. Demikian pula di lapangan penggembalaan, pada setiap batas petak dibuat parit pula agar aliran air lancar. Dengan cara ini, saat hujan datang lapangan pengembalaan itu tidak menjadi becek.

Penghuni Kandang adalah semua kuda yang menghuni kandang harus bersih, caranya dimandikan secara rutin, kuda-kuda yang sakit segera di pisahkan dari kelompok kuda yang sehat.

Peralatan. Tempat pakan air minum dibersihkan dan di cuci pada setiap hari sehingga tidak memberi peluang bagi penyebaran penyakit. Menggembalakan kuda berarti memberikan kesempatan kepada kuda untuk berolahraga, melatih otot-ototnya dan memperlancar peredaran darah, sehingga kuda menjadi lebih sehat.

2. Pakan 
Pemberian pakan berkualitas rendah yang tidak memenuhi kandungan gizi tinggi dapat mengakibatkan defisiensi kuda. Sebaliknya, pemberian pakan berkualitas dengan gizi tinggi akan meningkatkan produktivitas dan mencegah adanya penyakit.
Baca juga: Penyakit Yang Sering Menyerang Ternak Kuda
3. Vaksinasi
Vaksinasi ialah usaha untuk mencegah timbulnya suatu penyakit dengan menggunakan cara immunoprofilaktis untuk memperoleh kekebalan aktif yang disebabkan timbulnya antibodi dalam tubuh akibat rangsangan dari vaksin Imunitas adalah faktor yang berhubungan antara mikroba dan hospes/individu. Seekor individu yang memiliki imunitas dengan kapasitas sel khusus dalam tubuh yang memproduksi antibodi dapat bertindak sebagai substansi proteksi terhadap serangan mikroba. Program pencegahan dan perawatan kesehatan dapat dicapai dengan pelaksanaan vaksinasi yang baik. Obat-obatan yang diberikan dalam rangka pencegahan merupakan tindakan ekonomis yang tepat dalam meningkatkan dan mempertahankan kondisi kesehatan kuda sekalipun terlihat mendatangkan peningkatan biaya perawatan. 

Vaksinasi dilakukan secara luas dimaksudkan untuk pencegahan terhadap infeksi penyakit. Disamping pengobatan penyakit mahal berkaitan dengan obat-obatan yang digunakan, juga dapat menurunkan kondisi kesehatan tubuh dan kemungkinan menyebabkan kematian, untuk itu program imunisasi yang baik merupakan jaminan tindakan nyata dalam segi ekonomis.

4. Pemberian Obat Cacing 
Pemberian obat cacing penting bagi kuda, terutama untuk yang berada di lapangan rumput. Pemberian obat cacing jika tidak dilakukan secara teratur dalam jangka waktu 3 bulan sekali sebagai usaha pencegahan, maka perut kuda akan tampak gemuk/membesar sebagai manifestasi dari adanya infeksi endoparasit. Kuda jauhkan dari lapangan rumput yang biasanya di pakai untuk merumput jenis ternak lain, untuk menghindari terinfeksinya cacing.

Sumber: 
Blakely, J. dan D. H. Bade., 1991. The science of Annimal Husbandry. Fourth ed. Terjemahan : Ilmu Peternakan. Edisi keempat, oleh : Srigandono, B. Dan Soedarsono. Fapet UNDIP. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
etd.repository.ugm.ac.id
Maswarni; Nofiar, R. 2014. Kuda: Manajemen Pemeliharaan dan Pengembangbiakan . Jakarta Timur: Penerbit Swadaya.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon