Friday, February 6, 2015

PERBEDAAN BURUNG PUYUH JANTAN DAN BETINA

Burung puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang jauh, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu. Burung puyuh disebut juga gemak (jawa) atau quail (asing), merupakan bangsa burung (liar) yang pertama kali diternakkan di Amerika Serikat tahun 1870 dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia burung puyuh mulai dikenal dan diternakkan sejak akhir 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak yang ada di Indonesia (Lampung Post, 2003).
Klasifikasi burung puyuh menurut Redaksi Agromedia (2002) adalah
sebagai berikut:
Kelas               : Aves (Bangsa burung)
Ordo                : Galiformes
Sub Ordo        : Phasianoidae
Famili              : Phasianidae
Sub Famili       : Phasianidae
Genus              : Coturnix
Spesies            : Coturnix-coturnix japonica
Kelebihan ternak burung puyuh dibandingkan dengan ternak unggas lainnya menurut Sutoyo (1989) yaitu : Ternak burung puyuh sangat mudah pemeliharaannya, tidak banyak memerlukan tenaga dan biaya yang banyak/besar. Tidak banyak menyita tempat, dapat menampung anak burung puyuh 100 ekor/m2 berumur 1-10 hari dan 60 ekor/m2 untuk burung puyuh berumur di atas 10 hari. Cepat bertelur, sehingga kebutuhan telur keluarga cepat terpenuhi.
Ciri-ciri burung puyuh (Coturnix-coturnix japonica) adalah bentuk badannya relatif lebih besar dari jenis burung- burung puyuh lainya. Panjang badannya 19 cm, badannya bulat, ekor pendek, dan kuat, jari kaki empat buah, warna bulu coklat kehitaman, alis betina agak putih sedang panggul dan dada bergaris (Nugroho dan Mayun, 1986).
Burung puyuh jenis Coturnix-coturnix japonica lazim diternakkan oleh peternak yang menghendaki produksi telur yang tinggi. Burung puyuh ini mampu menghasilkan sebanyak 250-300 butir telur/tahun dengan periode bertelur selama 9-12 bulan. Burung puyuh betinanya mulai bertelur pada umur 35 hari. Dengan ciri khas perbedaan jantan dan betina terdapat pada warna, suara dan berat tubunya. Burung puyuh betina pada bulu leher dan dada bagian atas warnanya lebih terang serta terdapat totol-totol cokelat tua bagian leher sampai dada, sedangkan burung puyuh jantan bulu dadanya polos berwarna cinnamon (cokelat muda). Suara burung puyuh jantan lebih besar dibandingkan burung puyuh betina sebaliknya bobot burung puyuh betina lebih berat daripada burung puyuh jantan (Nugroho dan Mayun, 1982).

Sumber gambar : kicaumania.or.id
HAL YANG DIAMATI

JANTAN

BETINA

Kepala/Muka
Berwarna coklat gelap
dan rahang bawah gelap
Berwarna coklat terang
dan rahang bawah putih
Bulu Dada
Kuning
Terdapat bercak hitam
atau coklat
Dubur atau anus

Terdapat benjolan
berwarna merah diatas
dubur jika ditekan akan
mengeluarkan
busa berwarna putih
Tidak terdapat benjolan

Suara
Cekeker
Cekikik
Sumber : Sugiharto (2005).

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon