Tuesday, February 10, 2015

CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA

Ayam merupakan salah satu hewan yang telah mengalami domestikasi oleh manusia sehingga dapat dikendalikan kehidupannya agar dapat memproduksi barang yang berguna bagi manusia. Produk utama yang dihasilkan oleh ayam adalah telur dan daging. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam hutan dan itik liar yang ditangkap dan dipelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Tahun demi tahun ayam hutan dari wilayah dunia diseleksi secara ketat oleh para pakar. Arah seleksi ditujukan pada produksi yang banyak, karena ayam hutan tadi dapat diambil telur dan dagingnya maka arah dari produksi yang banyak dalam seleksi tadi mulai spesifik. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging dikenal dengan ayam broiler, sedangkan untuk produksi telur dikenal dengan ayam petelur.
            Ilmu ternak unggas merupakan salah satu cabang keilmuan yang mempelajari berbagai hal tentang  kehidupan unggas (khususnya ayam), yang pada akhirnya dari sana kita dapat mengetahui bagaimana ayam dapat kita tingkatkan produksinya. Untuk lebih memudahkan dalam mempelajari mata kuliah ini, maka hendaknya harus diketahui terlabih dahulu istilah – istilah yang biasa digunakan didalamnya. Salin itu, kita juga perlu mengetahui ciri – ciri ayam dari beberapa daerah sebagai awalan dalam mempelajari mata kuliah ini. 
            Dibawah ini dijelaskan sedikit tentang definisi beberapa istilah yang berkaitan dengan Ilmu Ternak Unggas dan ciri – ciri dari ayam kelas Mediterania.

            Definisi tentang beberapa istilah yang biasa digunakan dalam mempelajari ilmu ternak unggas :
1.   Kelas (Class) adalah tingkatan dalam taksonomi sesudah divisi dan sebelum bangsa
2.  Bangsa (breed) adalah Klasifikasi atau suatu jenis yang ada pada tingkatan hewan,tumbuhan maupun manusia berdasarkan bentuk norfologi dan besar tubuh yang sama dari setiap kelas. Biasanya ini terjadi pada hewan dan tumbuhan. Jika di terjemahkan kedalam sosiologi manusia akan berbeda makna 
3.  Varietas adalah standar klasifikasi aman berdasarkan daerah asal usul geografis yang memberikan variasi perbedaan bentuk dan sifat karakteristik pada hewan. Sebagai contoh misalnya jenis Ayam Asia, Amerika maupun Inggris
4.   Strain adalah Varietas yang secara umum turun menurun dan telah beradaptasi dengan lingkungan biasanya juga di sebut garis keturunan
5.  Tipe adalah menunjukan suatu identifikasi yang menunjukan kelemahan, kelebihan, manfaat dan kegunaan
6.   DOC (Day Old Chick) adalah anak ayam usia 1 hari

AYAM KELAS MEDITERANIA
Ayam mediteran terkenal karena bentuk badan lebih kecil dibandingkan ayam asia, inggris, atau amerika, cuping telinga putih, cepat mencapai dewasa kelamin (4 – 6 bulan), produksi telur tinggi (284 – 300 butir/tahun), tidak mengeram, kerabang telur berwarna putih, kaki tidak berbulu, penampilan nervus, serta jengger tunggal dan lebar kecuali ayam yang mempunyai jengger butter cup. Varietas – varietas yang terkenal dalam ayam kelas mediteran adalah Single Comb White Leghorn (SCWL), SCW Minorica, Single Comb Ancona(SCA).
1.   Ayam Leghorn
Ayam leghorn berasal dari italia. Tanda spesifik ayam leghorn adalah bentuk tubuh ramping, paruh, kulit, dan kaki berwarna kuning, bentuk jengger tunggal dengan 5 buah gerigi pada bagian depan tegak dan belakang rebah ke samping (meskipun ada Comb Rose). Ekor mencuat membentuk sudut 400 dengan ekor, bobot ayam dewasa 2,7 – 2,9 kg (jantan) dan 2,0 – 2,25 kg (betina). Produksi telur 284 – 300 butir/ekor/tahun. Kulit telur berwarna putih. Konsumsi pakan 110 g/ekor/hari meskipun ayam diberi pakan secara ad libitum.
 CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA
Varietas ayam leghorn yang terkenal adalah single comb white leghorn (SCWL). Ayam ini tahan terhadap temperature panas sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai ayam petelur di daerah tropis. Ayam leghorn sensitive terhadap stress, tetapi tidak memiliki sifat mengeram.
2.   Ayam Minorca
Ayam Minorca berasal dari pulau Minorca di laut mediteran dan merupakan bangsa ayam yang terbesar dari kelas mediteran. Tanda specific ayam Minorca adalah tubuh panjang, dada bulat, punggung panjang dengan lekukan halus terhadap leher dan ekor, kulit berwarna putih, jengger tungga dengan 6 gerigi, dan pial besar. Berat jantan 3,20 – 3,6 kg dan berat betina 2,7 – 3,00 kg.
CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA
 Varietas ayam Minorca yang terkenal adalah Single Comb White Minorca (SCWM), Single Comb Black Minorca (SCBM)  dan Single Comb Buff Minorca (SCBM).
3.   Ayam Andalusian
            Ayam blue andalusian berwarna biru seperti Blue Playmouth rock, perbandingan antara warna bulu hitam : Biru : putih adalah 1 : 2 : 1. Warna kulit putih, paruh berwarna merah, dan kuku biru gelap. Bobot bervariasi antara 1,75 – 2,5 kg untuk ayam betina dan 2,5 – 3,5 kg untuk ayam jantan.
CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA
 4.   Ayam Ancona
            Ayam ancona berasal dari italia seperti leghorn. Tanda – tanda spesifik ayam ancona adalah bentuk jengger sama dengan aym leghorn, earna bulu hitam kehijau – hijauan dengan bintik – bintik putih, paruh berwarna kuning dengan tepi hitam, berat badan 2,70 – 2,95 kg pada ayam jantan dan 2,25 – 2,50 kg pada ayam betina. 
CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA
 5.   Ayam Butter Cup
            Tanda spesifik ayam butter cup adalah bulu berwarna kuning keemasan dengan comb berbentuk piala (cup). Kaki dan jari berwarna hitam, dan paruh berwarna tanduk terang. Pada ayam butter cup jantan, bulu pada kepala, leher, dan dada berwarna oranye merah bercahaya, sedangkan bagian yang lain berwarna hitam kehijau – hijauan dengan sadikit strip merah. Pada ayam betina, bulu kepala berwarna kuning keemasan. Demikian pula bulu sayap, punggung, dan dada berwarna keemasan dengan garis – garis hitam.
CIRI – CIRI DAN MACAM AYAM KELAS MEDITERANIA
KESIMPULAN
1.  Mengetahui istilah – istilah yang biasa digunakan dalam suatu cabang keilmuan dapat mempermudah dalam mempelajari cabang keilmuan  tersebut.
2.   Berbagai jenis ayam dari daerah mediterania mempunyai ciri khas masing-masing.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon