page hit counter

Cara Penggunaan CERDEX Spray Pada Ayam

Cara Penggunaan CERDEX Spray Pada Ayam - Perlu diketahui cerdex merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit ngorok atau CRD pada ayam. Kandungan dari CERDEX sendiri sudah terbukti ampuh dapat mengatasi gejala ngorok pada ayam. Karena CERDEX mengandung DMSB dan Agen Sitoksin Pernafasan yang efektif menyembuhkan ngorok pada ayam. Cara kerja CERDEX yang utama ialah dengan menghancurkan tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Cara kerja CERDEX yang lain seperti memusnahkan mikroorganisme yang menyebabkan ngorok, juga menghilangkan lendir yang menyumbat saluran pernafasan pada ayam.

Cara menggunakan cerdex spray sendiri sebenarnya sangat mudah mengingat sifat obatnya yang hanya disemprot semprot saja ke ayam. Namun meskipun cerdex spray hanya disemprot semprotkan saja, kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya karena dalam penggunaan cerdex spray pada ayam juga ada aturan dan tarakannya.

Cara Penggunaan CERDEX Spray Pada Ayam 
Mengingat pentingnya mempelajari cara menggunakan cerdex spray pada ayam, dalam artikel kali ini kita akan membahas sedikit tentang tips dan petunjuk langsung tentang bagaimana cara menggunakan cerdex spray yang baik dan benar berdasarkan ketentuan yang ada.

Cara Penggunaan CERDEX Spray Pada Ayam

Petunjuk cara penggunaan CERDEX spray pada ayam
  1. Umumnya penyemprotan CERDEX dilakukan pada pukul 21.00 atau 09.00
  2. Saat penyemprotan dilakukan sebaiknya tirai kandang ditutup sampai 0,5 – 1 jam setelah penyemprotan. 
  3. Siapkan peralatan tambahan seperti srayer dan kipas angin apabila diperlukan 
  4. Campurkan CERDEX dengan air hingga tercampur sempurna, perbandingan pencampuranya ialah 1 botol CERDEX dengan 15 liter air. 
  5. Penyemprotan dilakukan dengan cara kabut atau dengan cara mensetting alat semprot sehingga saat air disemprotkan akan keluar dengan butiran yang halus. Hal ini bertujuan agar saat air disemprotkan tidak hanya membasahi seluruh kandang, namun CERDEX juga dapat masuk ke saluran pernafasan ayam. Karena jika penyemprotan tidak dilakukan dengan cara kabut, maka air hanya akan membasahi tubuh ayam saja dan tidak masuk ke saluran pernafasan. 
  6. Jika penyemprotan sudah dilakukan lalu tutup tirai hingga kabut air menghilang dengan sendirinya, penutupan dilakukan kurang lebih 0,5 – 1 jam. Hal ini bertujuan agar kabut butiran air dapat masuk ke saluran pernafasan unggas dan tidak hilang tertiup oleh angin. 
  7. Periksa hasilnya saat pagi hari. 
  8. Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan penyemprotan 2 kali sehari yakni pagi dan sore/ malam. 
  9. Supaya penyakit ngorok ayam tidak menjangkit lagi, segera atasi penyebab dari penyakit tersebut seperti bau amoniak dalam kandang.
Dalam melakukan penyemprotran cerdex spray, harus dilakukan secara konsisten dan teratur agar ayam terhindar daru berbagai penyakit khususnya penyakit ayam ngorok. Jika masih terdapat pertanyaan maupun saran seputar penyakit ayam ngorok ataupun panduan penggunaan cerdex spray pada ayam silahkan tulis pada kolom komentar. Semoga dengan uraian diatas dapat menambah pengetahuan mengenai cara penggunaan cerdex spray pada ayam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel