Wednesday, June 22, 2016

Kandang Kelinci Yang Baik Dan Benar

Dalam usaha ternak kelinci, untuk mendapatkan produktivitas yang bagus harus memperhatikan kandang kelinci yang baik dan benar. Hal ini karena kandang merupakan tempat untuk kelangsungan hidupnya seperti kawin, beranak, menyusui, dan tumbuh menjadi dewasa. Kandang kelinci dibuat senyaman mungkin untuk si kelinci sendiri dan peternak. kandang ini juga berfungsi untuk melindungi kelinci dari serangan predator.

Kandang Kelinci Yang Baik Dan Benar
Pilihan yang umum dan perlu dipertimbangkan waktu memilih kandang :
Tipe kandang
Banyak peternak memakai kandang tumpuk, tiga kandang dengan ukuran sama, diletakan satu diatas yang lain sehingga membentuk kolom. Di alasi dengan plastic atau metal dibawah tiap kandang, dan tiap susun diberi kaki atau roda supaya mudah dipindahkan. Kandang seperti ini memudahkan peternak untuk merumahkan kelinci ditempat yang kecil, Kandang lain yang sering dipakai adalah yang digantung – kandang tidak disusun satu diatas yang lain tetapi di gantung di dinding atau langit2, saling bersebelahan. Tidak ada alas kotoran, kotoran akan langsung jatuh ke tanah dibawah setiap kandang. Kandang tipe ini mengurangi pekerjaan bersih2 bagi peternak dan sering kali digunakan jika punya tempat yang cukup luas.

Lantai kawat
Peternak biasanya memakai ukuran 1” x ½” 14-ukuran kawat lantai. Untuk jenis kecil seperti Polish bisa memakai yang lebih kecil ukuran ½” x ½” 16-ukuran kawat lantai, terutama untuk kandang pembiakan. Juga ada pilihan kawat yang dilapisi plastic, misalnya untuk velveteen lops, untuk melindungi kaki/hoks.
Kandang Kelinci Yang Baik Dan Benar
Sumber gambar: prestasikelinci.wordpress.com

Kawat
Kawet galvanis atau yang sudah dilapisi dengan anti karat memperpanjang usia pemakaian. Lantai kandaing yang sering terkena urine, harus selalu di galvanis, artinya kawat digalvanis lagi setelah kawat lantai disambungkan dengan kawat dinding. Kawat galvanis lebih mahal tetapi awet dan hemat. Kawat “galvanized before” adalah kawat yang sudah dilapisi galvanis sebelum kawat disambungkan, membiarkan sambungan tidak terlapisi anti karat. Jenis ini lebih murah dan biasanya dipakai untuk dinding dan atap kandang. Bisa juga pesen kandang yang memakai kawat yang aman untuk bayi dengan tinggi disisinya sekitar 4-6 inch tiap dinding kandang, kawat ini lebih rapat untuk menjaga agar bayi tidak jatuh dari kawat.
Baca juga: Cara Memilih Bibit Kelinci Yang Baik

Ukuran Kandang Kelinci
Kenyamanan kelinci harus dipertimbangkan ketika memilih ukuran kandang, kelinci anda akan menghabiskan waktunya dikandang jadi anda membutuhkan kandang yang cukup besar untuk bergerak bebas tapi tidak terlalu besar sehingga tidak bisa ditangkap waktu diperlukan. Dibawah ini adalah rekomendasi untuk ukuran kandang. Pilih kandang dengan tinggi yang cukup jika memungkinkan, sehingga kelinci dapat berdiri dan melihat sekeliling, juga bisa duduk diatas kotak sarang (jika memakai tutup) karena mereka menyukainya.
Ukuran Kandang Kelinci

Alas Kandang
Kalau memakai kandang dengan ukuran yang sama atau kandang susun, tiap kandang memerlukan alas untuk menampung kotoran dan urine. Tipe lama dari metal segera diganti dengan palstik yang lebih mudah perawatannya dan awet. Semakin mahal harga plastic dengan permukaan dalam yang rata, memudahkan pembersihan bagian dalamnya.Ada juga yang lebih murah tetapi biasanya ada polanya sehingga sulit untuk dibersihkan.

Penunjang Lantai
Untuk kelinci besar, perlu untuk memasang penunjang lantai pada setiap kandang, terbuat dari metal yang dipasang dibawah kandang, mamanjang dari satu sisi ke sisi lain. Ini membuat kandang tidak melengkung ketika kelinci besar ada didalamnya.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon