Thursday, June 23, 2016

Cara Merawat Ternak Kelinci Anggora

Cara Merawat Ternak Kelinci Anggora. Kelinci anggora merupakan salah satu ras dari kelinci, dengan beberapa keistimewaan. Ciri-cirri kelinci anggora ini adalah memiliki bulu yang lebat hampir di sekujur tubuhnya. Oleh sebab itu kelinci jenis ini lebih terlihat lucu dan menggemaskan. Jadi kelinci anggora memiliki nilai ekonomis yang lebih dari pada kelinci jenis lainnnya. Secara umum, kelinci anggora memiliki sifat yang sama dengan kucing anggora, namun apa pun itu jika anda berniat untuk memelihara atau mengembangbiakannya, maka anda harus menyimak ulasan mengenai cara budidaya kelinci anggora berikut ini, selamat menyimak

Kandang
Sebagaian hal yang terpenting adalah kandang, kandang kelinci anggora ini harus memperhatikan beberapa unsur, di antaranya adalah kandang kelinci ini tidak lah boleh dalam keadaan yang terlalu lembab, dan juga jangan terlalu panas, berikan sinar matahari yang cukup. Untuk ukuran kandang, anda harus melihat jumlah kelinci dalam satu kandang, dan menyesuaikannya. jangan sampai ruang gerak kelinci terbatasi dan berakibat kerusakan bulunya. Sebagai alas, usahakan bagian bawah kandang terbuat dari anyaman bambu, sehingga mudah dalam membersihkan sisa sisa pakan dan kotoran kelinci. 
Cara Merawat Ternak Kelinci Anggora
Sumber gambar: rexrabbitsusa.com

Pakan
Pakan ternak kelinci anggora tentunya sayuran atau buah-buhan yang mengandung serat kasar. ada baiknya anda lebih memperhatikan nilai konsumsi gizi yang di berikan kepada kelinci ini. Anda bisa memberikan konsentrat atau pelet khusus, yang akan bermanfaat bagi tumbuh kembang kelinci dan agar kelinci lebih sehat serta kondisi bulunya lebih bagus. Kebutuhan pakan kelinci anggora juga harus disesuikan dengan kebutuhan nutrisinya.
Baca juga: Kebutuhan nutrisi pada ternak kelinci
Perawatan
Ada baiknya dalam kurun waktu seminggu sekali, lepaskan lah kelinci dari kandang, agar kelinci bisa merasa bebas untuk sementara waktu, dan juga mencegah kelinci dari stresh. Selain itu dapat membuat kelinci belajar memakan tumbuhan hijau langsung dari pohonnya. Lakukan lah hal tersebut rutin 1 atau 2 x selama satu minggu untuk mencegah kepenatan kelinci.

Untuk tips merawat bulu kelinci anggora agar tidak kusut maupun rontok yaitu dengan memperhatikan kebersihan kandang, kelembapan lingkungan, Hindarkan kelinci dari terik matahari secara berlebihan, Beri pakan kelinci anggora dengan pakan yang mengandung vitamin E serta lakukan penyisiran bulu kelinci anggora secara teratus. Tidak lupa juga bawa kelinci anggora ini ke salon khusus hewan untuk mendapatkan perawatan sesuai kebutuhan. Mengingat harga kelinci anggora maupun harga kelinci hias yang cukup lumayan dibanding jenis kelinci potong, maka diperlukan perawatan yang ekstra juga.

Demikian lah informasi yang dapat kemi berikan mengenai bagaimana budidaya kelinci anggora, semoga memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadikan pembelajaran untuk kita semua

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon