page hit counter

Ciri ciri Sapi Simental dan Keunggulannya

Ciri ciri Sapi Simental dan Keunggulannya Dibanding Sapi Lain - Sapi simental merupakan jenis sapi pedaging. Peternak indonesia biasanya menyebutnya dengan sapi Metal. Sapi Ini tergolong dalam keluarga Bos Taurus, berasal dari daerah Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di Swiss, akan tetapi sekarang ini perkembanganya cepat dan sudah menyebar ke seluruh dunia. Salah satu keunggulan yang menjadi ciri ciri sapi simental adalah pemeliharaannya yang mudah dikelola, dikenal dan juga sangat jinak dibanding jenis sapi lainya.
 
Ciri ciri dan salah satu keunggulan sapi simental yang lain terdapat pada pertumbuhan dan petambahan berat badanya yang terbilang sangat cepat, sehingga peternak sering menyebutnya dengan sapi metal. Dengan didukung berbagai keunggulan sapi Simetal ini, peternak domestik umumnya menjual anakan sapi metal dengan harga yang tinggi. Hal itu sebanding dengan apa yang akan mereka peroleh. Dengan pertumbuhan dan pertambahan berat badan Sapi Simental yang sangat cepat para peternak akan sangat diuntungkan.

Ciri ciri Sapi Simental dan Keunggulannya Dibanding Sapi Lain
Meskipun kita mengetahui keunggulan maupun ciri ciri sapi simental secara umum, namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa sapi simental sebenarnya bukan hanya sebagai penghasil daging yang potensial saja, namun juga merupakan penghasil susu, inilah yang menjadi salah satu kelebihan dan keunggulan sapi simental dibanding sapi jenis lain. Jadi bisa dibilang sapi Simental merupakan sapi dwiguna, karena ciri ciri dan keunggulan sapi simental selain penghasil daging tetapi juga sebagai sapi perah penghasil susu. Tetapi umumnya di mata masyarakat sapi simental terkenal untuk penggemukan sebagai sapi penghasil daging atau sapi potong. Peternak kurang berfokus pada sapi simental sebagai sapi penghasil susu.
Ciri ciri Sapi Simental dan Keunggulannya

Keunggulan sapi simental yang lain ditunjukkan dengan berat sapi metal jantan yang umumya mampu mencapai berat badan 1150 kg sedangkan sapi betina dewasa 800 kg. Secara genetik, Sapi Simental berasal dari wilayah beriklim dingin dan merupakan sapi potong tipe besar. Salah satu ciri ciri sapi simental lain yang menonjol yakni memiliki rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi. Selain itu, sapi simental juga memiliki metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana yang lebih teratur.

Selain ciri ciri sapi simental dan keunggulan sapi simental diatas sebenarnya masih terdapat ciri fisik dan kelebihan lain yang wajib diketahui oleh peternak sapi. Adapun ciri ciri dan kelebihan sapi mental tersebut antara lain adalah:
Ciri ciri Sapi Simental (Sapi metal)
  1. Warna bulu coklat kemerahan (merah bata), umumnya bentuk badan sapi Simental panjang, kompak dan padat berisi.
  2. Dibagian muka dan lutut kebawah Serta Ujung ekor ber warna putih.
  3. Ciri ciri Sapi Simental yang selanjutnya, Sapi Simental jantan dewasa berat tubuhnya bisa mencapi 1.400 kg, Sedangkan berat badan Sapi Simental dewasa betina bisa mencapai 600 – 800 kg.
  4. Ciri terakhir sekaligus yang menjadi kelebihan sapi simental dibanding jenis sapi lain adalah perharinya berat badan sapi simental bisa bertambah 1,5 hingga 2,1 kg.

Keunggulan Sapi Simental
 
  1. Kelebihan sapi simental yang pertama, yakni sapi jenis pedaging yang mampu mencapai berat 1.400 kg untuk sapi usia dewasa.
  2. Sapi metal pedaging mamiliki metabolisme yang cepat, sehingga pertambahan bobot setiap harinya bisa mencapi 2,1 kg. Maka dari itu banyak peternak berlomba lomba memelihara sapi simental.
  3. Keunggulan sapi metal yang terakhir terdapat pada pembagian lemak dan dagingnya. Presentase Lemak jauh lebih sedikit dibandingkan dengan dagingnya. Sehingga Sapi Simental bisa untuk sapi perah dan pedaging / potong.
 
Di Indonesia sendiri permintaan daging sapi masih terbilang cukup tinggi. Apabila kita berternak Sapi Simental di Indonesia sangatlah menguntungkan, karena sampai saat ini kebutuhan daging nasional di Indonesia belum tercukupi dengan baik. Akibatnya Indonesia masih sering mengimpor daging sapi dari Australia dan India. Ini adalah kesempatan besar bagi peternak Indonesia.

Umumnya Sapi Metal atau Sapi Simental sangat banyak diternak oleh orang Indonesia, karena pertumbuhanya yang lumayan cepat. Namun perlu diperhatikan juga pertumbuhan yang cepat juga perlu didukung dengan pakan yang kaya gizi dan nutrisi pula, agar pertumbuhanya bisa optimal. Pemberian pakan yang bergizi dan bernutrisi dikombinasikan dengan pola pemberian pakan yang teratur untuk sapi dapat menghasilkan sapi simetal super jumbo. Salam peternakan indonesia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel