page hit counter -->

KARAKTERISTIK KERBAU MURRAH

Kerbau Murrah adalah kerbau yang berasal dari Ultra Pradesh Barat, Delhi, Haryana di India serta Karachi di Pakistan. Di indonesia sudah banyak di temukan kerbau murrah khususnya di Medan Sumatera Utara oleh pekerja perkebunan dan bekas pekerja perkebunan yang didatangkan dari India pada masa penjajahan Belanda. Kerbau murrah termasuk kerbau tipe perah. Hasil susu dalam 9-10 bulan masa laktasinya antara 1360 kg-2270 kg. Selain sebagai penghasil susu kerbau Murrah juga tercatat sebagai penghasil lemak yang paling efisien. Meskipun kerbau murrah termasuk tipe perah, tetapi para petani di indonesia kadang-kadang menggunakan ternak ini sebai ternak kerja.
KARAKTERISTIK KERBAU MURRAH
Sumber Gambar: www.dairyknowledge.in
Karakteristik :
1.   Tanduk pendek melengkung, mula-mula ke arah caudolateral, kemudian membelok dorso-medial dan terus ke mediocranial.
2.   Kepala kecil jika dibandingkan dengan badannya yang besar.
3.   Telinga kecil menggantung,
4.   Leher panjang,
5.   Kaki lurus, pendek kuat berkuku hitam besar,
6.   Kerangka tubuh kompak, bentuk betina trapesium (seperti sapi perah),
7.   Ambing kerbau betina besar, bentuknya baik serta memiliki pembuluh balik (vena) yang menonjol. Puting ambing bentuknya simetris dan panjang serta jaraknya baik.
8.   Ekor panjang dan ramping sampai mencapai persendian tarsus (pergelangan kaki) dan biasanya ujung rambut berwarna putih.
9.   Badannya besar dan kulitnya berwarna hitam atau kelabu kehitam-hitaman
10. Bobot badan ternak kerbau jantan dewasa rata-rata 544 kg, sedangkan bobot badan betina dewasa rata-rata 450 kg.
11. Kerbau Murrah jantan memiliki ukuran panjang bad badan 151 cm, tinggi pundak 142 cm, lingkar perut 223 cm, panjang muka 53 cm, lebar muka 27 cm dan panjang telinga 28 cm. Sedangkan pada betina panjang badan 149 cm, tinggi pundak 133 cm, lingkar perut 220 cm, panjang muka 51 cm, lebar muka 21 cm dan panjang telinga 28 cm (Cockrill, 1974).
Sumber:
Cockrill, W.R. 1974. Observations on Skin Colour and Hair Patterns. Dalam : Cockrill, W.R. (Editor). 1974. The Husbandry and Health of the Domestic Buffalo. Food and Agriculture Organization of the United Nations, Roma, Italy.
http://www.academia.edu/8445897/KERBAU_PERAH\
Sunari. Beternak kerbau. JPBooks. Surabaya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel