page hit counter -->

SEJARAH SAPI SIMMENTAL

Sapi Simmental di kalangan peternak populer dengan nama Sapi Metal, dan sebagian peternak atau pedagang sapi kadang salah dengan menyebutnya sapi limousin, bahkan ada yang menyebut sapi Brahman. Sapi Simmental adalah Bangsa Bos taurus (Talib dan Siregar, 1999), Sapi Simmental namanya berasal dari nama daerah di mana ternak pertama kali dibiakkan yaitu Lembah Simme yang terletak di Oberland Berner di Swiss.  Sementara itu di Jerman dan Austria sapi simental dikenal dengan nama Fleckvieh, dan di Perancis sebagai Pie Rouge.  sekarang berkembang lebih Cepat di Benua Eropa dan Amerika, warna bulu coklat kemerahan (merah bata), dibagian muka dan lutut kebawah Serta Ujung ekor ber warna putih, sapi jantan dewasanya Mampu mencapai bobot badan 1150 kg sedang Betina dewasanya 800 kg. Sejak berkembang biak di swiss kini sapi simmental telah menyebar dan berkembang biak dengan baik di seluruh enam benua. Jumlah total diperkirakan antara 40 sampai 60 juta sapi Simmental di seluruh dunia, dengan lebih dari setengah di Eropa. Penyebarannya sendiri dilakukan secara bertahap sampai akhir 1960-an. Catatan menunjukkan bahwa beberapa sapi simmental yang diekspor ke Italia pada awal 1400-an. Selama abad ke-19, sapi simmental dibagikan melalui sebagian besar dari Eropa Timur, Balkan dan Rusia, akhirnya mencapai Afrika Selatan pada tahun 1895. Guatemala mengimpor sapi Simmental pertama ke belahan bumi Barat pada tahun 1897, berikutnya Brasil tahun 1918 dan Argentina pada tahun 1922. Pada tahun 1976 juga dikirim ke Republik Cina.
SEJARAH SAPI SIMMENTAL
Sapi Simental mempunyai daya hidup yang lebih lama, pada umur 12 tahun sapi ini masih mampu menghasilkan pedet yang bagus. Selain sebagai sapi potong, induk sapi simental dapat menghasilkan susu yang berkualitas baik dan di konsumsi. Oleh karena itu sapi simental merupakan bangsa sapi yang ideal untuk digunakan dalam persilangan.
Sapi simental mempunyai warna merah pada mukannya, sedangkan keempat kaki mulai dari lutut dan kipas ekor berwarna putih. Warna merahnya bervariasi dari merah gelap sampai kuning. Perototannya baik dan pertulangaannya besar dengan temperamen yang baik. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel