Monday, February 23, 2015

ALAT UNTUK PENANDAAN TERNAK

Setiap ternak diberi identitas agar lebih mudah dalam pengenalan. Kita bisa membagi lagi identitas ini menjadi beberapa yaitu identifikasi fisik, penandaan fisik dan penandaan tambahan. Dalam hal ini, Identifikasi fisik meliputi ciri-ciri fisik misalnya warna bulu, bulu sekitar mata, tanduk, kaki, bentuk telinga, punuk, dll. Penandaan fisik ternak dapat dibedakan menjadi semi permanen dan permanen. Penandaan permanen adalah penandaan pada kerbau yang bersifat tetap. Sedangkan semi permanen bersifat sementara saja, dan jika sewaktu-waktu diperlukan mudah dihilangkan atau diganti. Sedangkan penandaan tambahan adalah penandaan yang diberikan pada lingkungan hidup ternak yang memudahkan dikenali meskipun dari kejauhan.

Alat yang dapat digunakan dalam penandaan ternak, antara lain :
1.   Electric tattoo, alat tato elektrik yang menggunakan listrik sebagai sumber arus.
2.   Paint Stick, alat penomoran yang berbentuk lip-stick untuk menuliskan normor atau tanda tertentu di bagian badan ternak, penandaan ini tidak permanen tetapi cukup tahan dan tidak mudah hilang oleh panas maupun hujan
3.   Ear tag, sejenis anting bernomor yang biasanya dipasangkan pada daun kuping, terbuat dari bahan karet, plastik, atau alumunium. Pemasangannya dilakukan dengan bantuan alat yang disebut tang  aplikator .
ALAT YANG DIGUNAKAN UNTUK PENANDAAN TERNAK
 4.   Applicator tang, adalah alat untuk memasangkan ear-tag pada kuping ternak, bentuknya bermacam -macam bergantung atas jenis ear-tag tertentu.
5.   Aplicator gun, adalah tang aplikator yang berbentuk pistol.
6.   Rotary tattoo, adalah alat penomoran atau pentatoan berbentuk tang dan memiliki nomor-nomor yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
7.   Outfit tattoo, adalah alat penomoran atau pentatoan berbentuk tang dengan nomor-nomor yang dapat dipasang dan dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon