Saturday, August 20, 2016

Kumpulan Foto dan Gambar Sapi Serta Ciri-cirinya

Kumpulan foto atau gambar sapi beserta jenis dan ciri-cirinya. Untuk anda yang masih merasa kebingungan untuk membedakan jenis jenis sapi yang tersebar diberbagai negara. Kali ini ilmuternak.com akan memberikan gambar sapi yang disertai jenisnya dan dari mana sapi tersebut berasal. Melalui gambar sapi ini diharapkan anda dapat dengan mudah membedakan jenis-jenis sapi potong maupun sapi perah yang ada di dunia ini.

Berikut ini adalah kumpulan gambar sapi potong dan ciri-cirinya:

SAPI LIMOUSIN
Foto dan Gambar Sapi Limousin
Foto dan Gambar Sapi Limousin
Sapi Limousin merupakan sapi tipe potong yang berasal dari Prancis. Warna tubuh sapi ini mulai kuning sampai merah keemasan dengan tanduknya berwarna cerah dengan tumbuh keluar dan agak melengkung. Bentuk tubuh besar, panjang, kompak dan padat. Pertumbuhan badan sapi ini sangat cepat. Berat jantan dewasa mencapai lebih dari 1000 kg dan kualitas dagingnya tinggi.

SAPI SIMENTAL
Foto dan Gambar Sapi Simental
Foto dan Gambar Sapi Simental
Sapi ini berasal dari Swiss dengan warna tubuh krem kecoklatan sedikit merah, bagian muka, dada dan rambut ekor berwarna putih. Bentuk tubuh kekar dan berotot. Sangat cocok dipelihara di daerah beriklim sedang. Pertumbuhan otot sangat baik. Menghasilkan karkas yang tinggi dengan sedikit lemak. Berat jantan dewasa dapat mencapai lebih dari 1000 kg. Merupakan tipe sapi dwiguna (tipe potong, perah dan kerja).

SAPI BALI
Foto dan Gambar Sapi Bali
Foto dan Gambar Sapi Bali
Sapi Bali merupakan hasil domestikasi dari banteng (Bibos sondaicus). Warna bulu pada betina dan pedet merah kemasan, sedangkan pada jantan dewasa berwarna hitam. Warna tarsus ke bawah dan oval di pantat berwarna putih. Kepala yang lebar serta pendek dengan dahi datar. Telinga berukuran sedang dan tegak, bertanduk panjang dan besar mengarah kesamping atas depan. Bentuk tanduk pada jantan yang paling ideal disebut bentuk tanduk silak congklok yaitu jalannya pertumbuhan tanduk mula-mula dari dasar sedikit keluar lalu membengkok ke atas, kemudian pada ujungnya membengkok sedikit keluar.

SAPI BRAHMAN
Foto dan Gambar Sapi Brahman
Foto dan Gambar Sapi Brahman
Sapi Brahman berasal dari India yang termasuk dalam golongan sapi zebu. Sapi Brahman ditandai dengan adanya punuk yang besar pada sapi jantan, tapi punuk kecil pada betina. Warna tubuh sapi ini bervariasi mulai dari abu-abu sangat muda sampai hampir hitam. Terdapat gelambir kulit dari rahang bawah hingga ujung dada bagian depan. Paha besar, kulit tebal dan lepas.

SAPI ONGOLE
Foto dan Gambar Sapi Ongole
Foto dan Gambar Sapi Ongole
Sapi ini merupakan bangsa sapi tipe potong, dengan ciri-ciri rambut halus dan pada umumnya berwarna putih, tetapi pejantannya mempunyai warna kelabu gelap di kepala. Sapi ini juga bertanduk, berpunuk, bergelambir, bertelinga agak panjang dan menggantung. Sapi ini memiliki ciri bertubuh besar dan kompak, berputih sedikit keabuan, terdapat gelambir dari rahang bawah hingga ujung dada depan, badan besar, panjang, dan berpunuk di atas bahu. Kepala panjang, telinga kecil dan tegak. Paha besar, kulit tebal dan lepas, bobot badan jantan dewasa dapat mencapai 800 kg.

SAPI Peranakan ONGOLE (PO)
Foto dan Gambar Sapi PO
Foto dan Gambar Sapi PO
Pada tahun 1906, sapi ongole didatangkan langsung dari India ke Pulau Sumba. Selanjutnya, tahun 1916 sapi ongole yang sudah berkembang biak di sumba mulai menyebar ke tempat-tempat lain di Indonesia dengan sebutan sumba ongole(SO). Pada tahun 1930-an, pemerintah Hindia-Belanda dengan kebijakan di bidang pertenakan yang disebut ongolisasi mengawinsilangkan sapi SO dengan sapi Jawa, untuk memperbaiki ukuran dan bobot badan sehingga lahirlah sapi peranakan ongole (PO). Peranakan Ongole (PO) memiliki ciri-ciri yaitu berwarna putih sedikit keabu-abuan, telingan kecil dan tegak, mempunyai perawakan yang besar, bergumba pada pundaknya dan mempunyai gelambir yang menjulur sepanjang garis bawah leher, dada sampai ke pusar.

SAPI BRANGUS
Foto dan Gambar Sapi Brangus
Foto dan Gambar Sapi Brangus
Sapi brangus merupakan hasil persilangan antara Brahman dan Aberdeen Angus. Sapi ini merupakan tipe potong, dengan ciri-ciri rambut halus dan pada umumnya berwarna hitam seluruh tubuh. Leher dan telinga pendek penuh bulu. Memiliki punuk di punggungnya, badan kompak dan padat. Kaki kuat dan kokoh. Tubuh besar, pertumbuhan badan cepat. Berat badan sapi jantan dewasa dapat mencapai lebih dari 900 kg

SAPI MADURA
Foto dan Gambar Sapi Madura
Foto dan Gambar Sapi Madura
Sapi Madura merupakan hasil persilangan sapi Bali (Bos banteng), sapi Ongole (Bos indicus) dan sapi Jawa (Bos javanicus). Warna sapi ini merah bata kecoklatan tanpa warna putih di pantat. Pertumbuahan yang baik pada kualitas pakan yang jelek. Mempunyai urat daging yang bagus. Dan memiliki tubuh kokoh dan pertumbuhan badan yang relatif cepat. Bobot pejantan dewasa dapat mencapai 600 kg.

SAPI ANGUS
Foto dan Gambar Sapi Angus
Foto dan Gambar Sapi Angus
Sapi Angus (Aberden Angus) warna tubuh berwarna hitam. Leher dan telinga pendek, penuh bulu. Punggung lurus, badan kompak dan padat. Bobot badan sapi jantan dewasa dapat mencapai 900 kg. Sapi ini tidak memiliki tanduk. 

SAPI SHORTHORN
Foto dan Gambar Sapi Shorthorn
Foto dan Gambar Sapi Shorthorn
Berasal dari Inggris, merupakan tipe pedaging yang terbesar di Inggris. Warna merah, putih atau kombinasi. Tubuh besar, padat dan berbentuk seperti balok. BB Jantan 2200 pound (± 1000 Kg) dan betina 1700 pound (± 750 Kg).

SAPI HEREFORD
Foto dan Gambar Sapi Hereford
Foto dan Gambar Sapi Hereford
Berasal dari Hereford Inggris dan merupakan tipe potong Warna merah dengan muka, dada sisi badan, perut bawah, bahu dan ekor putih. Tubuh rendah, lebar dan tegap. BB Jantan 1800 pound (± 850 Kg) dan betina 1450 pound (± 650 Kg)

SAPI JALITENG
Foto dan Gambar Sapi Jaliteng
Foto dan Gambar Sapi Jaliteng
Sapi Jaliteng merupakan persilangan antara Jawa, Bali, dan Banteng. Tanda-tanda yang dimiliki bila dilihat seperti sapi Bali, yaitu warna putih pada bagian belakang paha, mulai tarsus dan carpus sampai batas pinggir atas kuku, rambut pada ujung ekor hitam, rambut pada bagian dalam telinga putih, terdapat garis belut (garis hitam) yang jelas pada bagian atas punggung. 


Berikut ini adalah kumpulan gambar sapu jenis perah dan ciri-cirinya: 

SAPI FH
Foto dan Gambar Sapi FH (Friesian Holstein)
Foto dan Gambar Sapi FH (Friesian Holstein)
Bangsa sapi perah Friesian Holstein berasal dari propinsi “North Holland” dan propinsi “West Friesland” Belanda. Sapi FH sering disebut sapi perah. Sapi ini memiliki ciri warna tubuh putih dan hitam. Merupakan salah satu sapi penghasil susu dan memiliki kualitas daging yang bagus. Bobot badan sapi jantan dewasa dapat mencapai 1000 kg.

SAPI Peranakan FH (PFH)
Foto dan Gambar Sapi Peranakan FH
Foto dan Gambar Sapi Peranakan FH
Sapi ini merupakan hasil persilangan sapi lokal indonesia dengan sapi FH, sehingga secara keseluruhan mirip dengan sapi FH akan tetapi produksi susu dan Bobot badannya lebih rendah dari FH

RED DANISH
Foto dan Gambar Sapi Red Danish
Foto dan Gambar Sapi Red Danish
Sapi ini berasal dari Denmark dan didatangkan ke Indonesia untuk ditempatkan di Pulau Madura. Warna bulu merah, produksi susu 4300 liter per laktasi dengan kadar lemak 4,3 %. BB Jantan 850 Kg dan Betina 500 Kg

SAPI JERSEY
Foto dan Gambar Sapi jersey
Foto dan Gambar Sapi jersey
Berasal dari Inggris Selatan. Merupakan sapi perah terkecil yang tahan panas dan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jersey berasal dari sapi liar dengan nenek moyang Bos taurus – longifrons. Warna bulu bermacam-macam, ada yang abu-abu muda, kuning, merah, coklat tua, dan ada yang hampir hitam dimana yang jantan warna lebih tua. Tanduk ukuran sedang dan agak menjurus ke atas, lebih panjang dari FH. Produksi susu 3200 liter per laktasi dengan kadar lemak 5,3 %. BB Jantan 500 – 650 Kg dan Betina 350 – 500 Kg

SAPI Brown Swiss
Foto dan Gambar Sapi Brown Swiss
Foto dan Gambar Sapi Brown Swiss
Sapi ini berasal dari Awitzerland (Swiss). Warna coklat, abu-abu muda/tua, umumnya yang ditemui berwarna coklat. Produksi susu 4000 – 4500 liter per laktasi. BB Jantan 970 Kg dan Betina 630 Kg. 

SAPI AYRSHIRE
Foto dan Gambar Sapi Ayrshire
Foto dan Gambar Sapi Ayrshire
Merupakan salah satu bangsa sapi perah yang berasal dari skotklandia berwarna merah dan putih atau coklat dan putih. Sapi termasuk memiliki kemampuan merumput yang baik BB Jantan dewasa 650 – 900 Kg dan betina dewasa 500 – 550 Kg dengan Berat Lahir 34 Kg. Produksi susu 6000 Kg / tahun Kadar lemak 4 %


Dan masih banyak jenis sapi perah lain seperti Sahiwal, Yamaica, Red shindi, Devon, Dexters, Milking shorthorn, Red Polled.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon