Saturday, July 30, 2016

Cara Membuat MOL Sederhana

Cara membuat mol secara sederhana dapat dilakukan sendiri dengan mudah. Mikroorganisme lokal (MOL) adalah mikroorganisme yang dimanfaatkan sebagai starter dalam pembuatan pupuk organik padat maupun pupuk cair. Bahan utama dalam cara membuat MOL terdiri dari beberapa komponen yaitu karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme. Bahan dasar untuk fermentasi larutan MOL dapat berasal dari hasil pertanian, perkebunan, maupun limbah organik rumah tangga. Mikroorganisme Lokal dapat bersumber dari bermacam-macam bahan lokal, antara lain urin sapi, batang pisang, daun gamal, buah-buahan, nasi basi, sampah rumah tangga, rebung bambu, serta rumput gajah dan dapat berperan dalam proses pengelolaan limbah ternak, baik limbah padat untuk dijadikan kompos, serta limbah cair ternak untuk dijadikan bio-urine (Sutari, 2010).

Karbohidrat sebagai sumber nutrisi untuk mikroorganisme dapat diperoleh dari limbah organik seperti air cucian beras, singkong, gandum, rumput gajah, dan daun gamal. Sumber glukosa berasal dari cairan gula merah, gula pasir, sebagai sumber energi, air kelapa dan urin sapi sebagai sumber mikroorganisme.

Waktu fermentasi MOL bonggol pisang yang paling optimal pada fermentasi hari ke-7 dan hari ke-14. Mikroorganisme pada MOL cenderung menurun setelah hari ke-14. Hal ini berhubungan dengan ketersediaan makanan dalam MOL. Proses fermentasi yang lama menyebabkan cadangan makanan akan berkurang karena dimanfaatkan oleh mikrobia di dalamnya (Suhastyo, 2011).
 
Cara Membuat MOL Sederhana

Larutan MOL yang telah mengalami proses fermentasi dapat digunakan sebagai dekomposer dan pupuk cair untuk meningkatkan kesuburan tanah dan sumber unsur hara bagi pertumbuhan tanaman. Mikroorganisme merupakan makhluk hidup yang sangat kecil, mikroorganisme digolongkan ke dalam golongan protista yang terdiri dari bakteri, fungi, protozoa, dan algae (Darwis, 1992)

Sumber karbohidrat pembuatan MOL pada materi ini yaitu dengan menggunakan bonggol pisang mengandung gizi yang cukup tinggi dengan komposisi yang lengkap, mengandung karbohidrat (66%), mempunyai kandungan kadar protein 4,35%, sumber mikroorganisme pengurai bahan organik atau dekomposer (Munadjim, 1983 dalam Ole 2013).

Jenis mikroorganisme yang telah diidentifikasi pada MOL bonggol pisang antara lain Bacillus sp., Aeromonas sp., Aspergillus nigger, Azospirillium, Azotobacter. dan mikroba selulolitik. Mikroba inilah yang biasa menguraikan bahan organik. Mikroba pada MOL bonggol pisang akan bertindak sebagai dekomposer bahan organik yang akan dikomposkan penambahan urin sapi pada MOL dimanfaatkan sebagai sumber mikroorganisme, karena kotoran ternak mengandung mikroorganisme. Kotoran ternak sapi cair memiliki kandungan unsur hara yang lebih tinggi daripada kotoran ternak sapi padat (Wanapat, 2001).
 
Cara Membuat MOL Sendiri

Cara membuat Mol Sederhana
Alat dan Bahan
- Ember.
- 5 kg bonggol pisang.
- 1 kg gula merah atau tetes tebu.
- 10 liter air kelapa.

Cara pembuatan MOL sederhana : 
  1. Bahan MOL (bonggol pisang) di tumbuk hingga halus masukan pada ember.
  2. Campurkan gula merah yang lebih dulu dihaluskan. 
  3. Tambahkan 10 liter air kelapa dan aduk hingga rata. 
  4. Tutup dengan kertas koran atau bahan yang lain yang penting bisa rapat. 
  5. Fermentasikan selama 14 hari. Selama proses fermentasi berlangsung ini akan terbentuk gas, apabila tekanan gas ini tidak dapat keluar bisa meledak. Jadi anda dapat membuka penutup ember tersebut sebentar saja agar gas tersebut bisa keluar.
 
Demikian tadi artikel tentang tata cara membuat mol dengan bonggol pisang secara sederhana, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon