Thursday, June 23, 2016

Tips Cara Beternak Kambing Etawa

Apa kabar sahabat pembaca, kali ini ilmuternak.com akan kembali berbagi pengetahuan mengenai Tips Cara Beternak Kambing Etawa. Sama seperti jenis kambing lainnya, kambing etawa cukup mudah untuk dikembang biakan. Kambing ini terkenal akan khasiat susunya yang sangat baik bagi kesehatan. Selain susunya yang berkhasiat, kambing etawa juga dapat diambil dagingnya untuk dikonsumsi sama halnya dengan kambing-kambing lainnya. Untuk beternak kambing etawa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Itulah yang akan kami bahas pada kesempatan ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beternak Kambing Etawa
Pemilihan bibit

Dalam beternak, pemilihan bibit yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas hasil peternakan. Ciri kambing etawa jantan yang baik yaitu memiliki tubuh yang besar dan kokoh dengan bulu bersih yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Tubuh kambing etawa yang baik adalah antara tubuh bagian belakang dan bagian depan lebih tinggi tubuh bagian belakang dan mempunyai kaki yang kuat dan simetris. Sedangkan untuk kambing etawa betina yang baik mempunyai ciri yang hampir sama dengan kambing etawa jantan hanya saja terdapat beberapa ciri tambahan yaitu mempunyai ambing susu yang besar dengan puting yang berukuran sama besar dan tidak terdapat luka. 
Tips Cara Beternak Kambing Etawa
Persiapan kandang
Kandang kambing etawa bisaanya dibuat dengan model panggung dengan alas yang mempunyai rongga-rongga kecil. Hal ini bertujuan agar kotoran kambing tidak mengendap di dalam kandang, melainkan langsung jatuh ke tanah. Apabila tidak dibuat model panggung, maka kotoran yang mengendap di dalam kandang akan menjadi sumber penyakit bagi kambing etawa itu sendiri. Selain itu kita juga harus membuat seka antar kambing karena kambing etawa biasanya akan bertengkar saat di dalam kandang ada lebih dari dua ekor kambing etawa apalagi yang beda induk.

Pemberian pakan
Ini juga merupakan salah satu hal penting dalam peternakan kambing etawa. Kita harus menjaga porsi dan njuga kualitas pakan yang kita bberikan. Kita bisa menggunakan beberapa jenis rerumputan da juga limbah sayuran yang banyak ditemukan di pedagang sayuran maupun konsentrat. Untuk menambah gizi dan juga mencegah terkena penyakit, kita juga dapat memberinya vitamin khusus hewan.

Bagaimana? mudah bukan untuk memulai ternak kambing etawa. Yang terpenting adalah bagaimana kita merawat kambing tersebut dan juga menjaga kebersihannya. Itulah sedikit informasi yang dapat kami bagikan. Untuk informasi lain mengenai dunia ternak seperti ternak sapi potong, ternak ayam pedaging, hingga ternak kalkun dapat kalian lihat di ilmuternak.com

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon