Wednesday, May 11, 2016

Cara Merawat Kelinci Fauzzy Lop Dengan Mudah

Kelinci fuzzy lop merupakan salah satu jenis kelinci hias yang mempunyai banyak penggemar. Hal ini dikarenakan bentuk kelinci ini sangat menggemaskan dan cara merawatnya yang mudah. Kelinci fuzzy lop mempunyai sifat yang manja. Kelinci mini yang unik ini memiliki sosok tubuh ras holland lop dengan rambut ala ras anggora. 

Karakteristik kelinci fuzzy lop
Bobot tubuh maksimalnya saat dewasa mencapai 1,8 kg sehingga kelinci ini dapat dikatankan kelinci ras mini dengan ukuran terbesar. Fuzzy lop memiliki tubuh yang kompak, telinganya tidak berdiri, melainkan menggantung kebawah ke sisi kiri dan kanan wajahnya. Moncong pendek dan datar (mirip dengan kucing). Panjang bulunya dapat mencapai 6-7 cm.

Sifat Kelinci fuzzy lop
Kelinci ini cenderung pendiam dan tidak selincah jenis kelinci yang lain, dan cenderung ingin diperhatikan oleh pemilik atau peternaknya. Fuzzy lop sangat suka bermain dengan bola plastik, potongan kayu yang lunak maupun boneka.

Perawatan kelinci fuzzy lop
Jika bulunya sudah terlalu panjang, bulu kelinci akan terlihat tidak rapi akibat adanya pertumbuhan bulu yang tidak rata. Biasanya ada beberapa helai bulu yang panjangnya lebih cepat dibanding dengan bulu yang lainnya. Untuk itu bulu yang sudah terlalu panjang dapat dipotong dengan gunting agar bulu kelinci menjadi rapi kembali. Atau anda juga dapat membawa kelinci fuzzy lop anda ke pet shop untuk dilakukan perawatan yang lebih lengkap. 
Cara Merawat Kelinci Fauzzy Lop Dengan Mudah

Harga kelinci
Dari beberapa jenis kelinci lop, fuzzy lop dan anggora lop merupakan kelinci yang mempunyai banyak penggemar. Jenis kelinci ini masih tergolong baru sehingga jenis kelinci ini dipasaran masih sedikit, jadi hargnya pun cukup mahal. Untuk anakan kelinci fauzzy lop umur 3 bulanan harganya sekitar 250 ribu dan untu umur 5 bulan sekitar 500 ribu.

Cara Beternakan kelinci fuzzy lop
Ternak kelinci ini dapat dikatan mudah, karena yang terpenting anda dapat menjaga kebutuhan pakannya sesuai perkembangnya dan yang kedua anda dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungannya, agar tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: Kebutuhan Nutrisi Pada Ternak Kelinci

Untuk kandangya sendiri dapat menggunkan kawat ram yang berukuran sedang sekitar panjang dan lebar 60 cm dan tingginya 50 cm. tidak lupa juga disediakan tempat pakan dan minum. Untuk kandang kelinci ini dapat dibesihan setiap hari.

Perkawinan dapat dilakukan setelah kelinci mencapai dewasa tubuh dan kelamin yaitu sekitar umur 7 bulan. Ciri-ciri kelinci betina siap kawin dilihat dari alat kelaminnya yang berwarna merah, sedangkan unuk jantan siap kapan saja. Untuk proses perkawinannya Anda hanya perlu menempatkan kelinci fauzzy lop betina dan jantan dalam satu kandang. Wakyu perkawinannya pun biasanya juga cepat. Setelah terjadi perkawinan kedua kelinci tersebut dapat dipisahkan.

Setelah induk kelinci betina bunting dan umur kebuntingnnya sekitar 27 hari maka dapat dibuatkan kotak kecil untuk tempat melahirkan kelinci dengan ukuran sesuai bentuk badan kelinci. Indukan betina kelinci biasanya dapat beranak 8 sampai 10 ekor.

Setelah kelinci melahirkan, anakan kelinci ini dapat langsung menyusu ke induknya, dan umur 1,5 bulan anak kelinci sudah belajar makan. Biasanya makanan yang diberikan berupa pelet dengan dosis 2,5 ons per hari. Makanan yang diberikan dapat berupa hay timothy, dengan dosis 1 gram per ekor satu hari. Kelinci hias tersebut juga diberi air minum sebanyak 500 ml dalam satu hari. Frekuensi pemberian biasanya dua kali sehari pada pagi dan malam.

Kebanyakan peternak kelinci tidak memberikan makanan tambahan berupa sayuran untuk kelinci. Alasannya karena sayuran mengandung air dan gas yang akan membuat kelinci beresiko terkena penyakit mencret dan kembung. Tetapi apabila terpaksa, anda dapat mengangin-anginkan terlebih dahulu sayurannya sebelum diberikan kepada ternak, hal ini dapat mengurangi kadar airnya. Kelinci hias ini juga tidak boleh dimandikan, dan kandang setiap hari harus dibersihkan untuk menghindari penyakit kulit. Pada umur dua bulan, anakan kelinci American Fuzzy Lop dan Rex sudah bisa dipasarkan.

Penting
Bulu fuzzy lop mempunyai kelemahan, bulu ini dapat rontok akibat pemberian pakan yang kurang bermutu. Salah satu cara mencegah adalah dengan selalu memberi pelet bermutu dan rajin disisir. Juga perhatikan bagian bawah terutama untuk jantan di bagian testis, biasanya bulunya menggumpal dan banyak kotoran harus rajin dibersihkan

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon