Monday, January 4, 2016

SUSU KUDA LIAR DARI SUMBAWA

Akhir-akhir ini susu kuda liar sangat populer dan ramai dibicarakan masyarakat, karena konon khasiatnya yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Susu kuda liar tersebut merupakan hasil pemerahan susu kuda pada masa laktasi. Peternak melepas kudanya di alam bebas, hidupnya di padang rumput, daerah perbukitan atau hutan yang ada di pulau Sumbawa. Disebut susu kuda liar karena kuda-kuda tersebut memang tidak diternak, melainkan dibiarkan bebas mencari makan sendiri ke hutan dan padang rumput, lalu sore harinya digiring masuk kekandang.

Kandungan susu kuda liar hampir sama seperti susu sapi atau susu kambing. Namun susu kuda liar punya keunggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa. Dalam 100 gram susu kuda liar terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda liar menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit ketimbang susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk.
SUSU KUDA LIAR DARI SUMBAWA
Susu kuda liar mempunyai keistimewaan yaitu tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet apapun. Keunikan lainnya susu ini tahan disimpan pada suhu kamar sampai 5 bulan. Sifat ini memberi petunjuk bahwa dalam susu kuda liar terkandung zat yang dapat menghambat pertumbuhan atau membunuh bakteri yang berupa senyawa antimikroba alami. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Hermawati (2004), ditemukan suatu senyawa disebut galaktoferin yang mempunyai aktivitas antimikroba yang sangat baik. Sehingga banyak penelitian berkembang untuk memanfaatkan susu kuda sumbawa ini sebagai bahan pengawet alami. Susu kuda liar bersifat Asam dengan pH 3 – 4. Kadar protein dan kadar lemak susu kuda liar sebesar 1.89 g% dan 1.09 g%. Lemak dari susu kuda kebanyakan lemak tak jenuh atau polyunsaturated, yaitu jenis asam lemak (oleat, linoleat dan linolenat).

Bahkan susu kuda liar dapat digunakan sebagai penunjang kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin dan mineral serta kandungan bioaktif susu yaitu immunoglobin dan lactoferin. Susu kuda liar bagus untuk pencernaan karena rantai proteinnya yang lebih mudah dicerna tubuh. Dengan pencernaan yang sehat maka orang akan menjadi lebih fit. Susu kuda berwarna putih beraroma khas. Susu kuda mengandung vitamin lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Sumber:
Dharmojono, 1998. Trend Susu Kuda Liar. Infovet Edisi 058 : 29-30.
Hermawati, D., 2004, Uji Aktivitas Susu Kuda Sumbawa, Disertasi, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
http://health.detik.com
Ressang, A. A., A. M. Nasution. 1989. Pedoman Mata Pelajaran Ilmu Kesehatan Susu (Milk Hygiene). Edisi ke empat. Bagian Kesehatan Masyarakat Veteriner. Fakultas Kedokteran IPB. Bogor.
Yuniati, H., Dan E. Sahara. 2012. Komponen Bioaktif Protein Dan Lemak Dalam Susu Kuda Liar. Pusat Biomedis Dan Teknologi Dasar Kesehatan. Bul. Penelit. Kesehat, Vol. 40.