Tuesday, January 5, 2016

MANFAAT BERAS MERAH UNTUK AYAM ADUAN

Ayam aduan merupakan ayam yang khusus digunakan untuk di tarungkan/ di adu dengan ayam yang lain. Ayam aduan yang bagus memiliki fisik/ perawakan yang besar dan kencang, agresif serta stamina yang kuat. Dalam memelihara ayam aduan, kebutuhan pakan ayam aduan harus diperhatikan secara benar karena akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kondisi fisik ayam aduan tersebut. Pakan ayam aduan sebaiknya memenuhi kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, hijauan, vitamin dan mineral.

Beras merah merupakan jenis beras yang memiliki warna merah. Warna merah dari beras merah ditimbulkan oleh pigmen antosianin yang terdapat pada bagian lapisan luarnya. Antosianin pada beras merah ini bersifat antioksidan. Beras merah umumnya dikonsumsi tanpa melalui proses penyosohan, tetapi hanya digiling menjadi beras pecah kulit, kulit arinya masih melekat pada endosperm. Kulit ari beras merah ini kaya akan protein, vitamin E, minyak alami, lemak esensial dan serat. Kandungan gizi yang terdapat dalam beras merah tersebut sangat baik untuk ayam aduan.
MANFAAT BERAS MERAH UNTUK AYAM ADUAN
Beras merah diberikan untuk campuran pakan ayam dewasa yang telah dewasa yaitu berusia 7 bulan atau pertumbuhan bulu selesai. Ayam aduan yang diberi pakan beras merah tubuhnya akan menjadi kekar dan padat serta bobot ayam menjadi berat. Pemberian pakan yg optimal pada masa akhir pertumbuhan ini sangat penting, dan sangat berpengaruh tehadap kualitas tulang, antara lain bentuk, ketebalan, kekuatan dan panjang tulang yg optimal. Pemberian pakan ideal pada masa akhir pertumbuhan adalah pakan yg mengandung kadar protein 12% s/d 14% degan kadar mineral yg lebih tinggi. Bila ayam muda sudah diberi gabah, beras merah atau jagung, maka pertumbuhan tidak optimal pada usia 10 bulan.

Sebaiknya pemberian beras merah cukup dilakukan satu kali sehari setiap sore hari apa pagi hari. Pemberian beras merah cukup 1 genggam tangan saja agar tidak kelebihan dan pemberiannya secara kering. Lihat perkembanggannya setelah 1 bulan. Jangan lupa juga kasih obat cacing dulu sebelum perawatan intensif. Untuk menambah kebutuhan nutrisi maka ayam aduan dewasa sebaiknya juga diberi pakan tambahan berupa hijau-hijauan misalnya saja dari sayur kangkung, kecambah, toge atau lainnya, yang penting beras merah ini jangan dijadikan pakan pokok.
Sumber:
http://papaji.forumotion.com
infopeternakan.com