Sunday, January 10, 2016

KOLOSTRUM PADA TERNAK

Kolostrum adalah cairan kuning yang dikeluarkan oleh induk mamalia setelah melahirkan selama sekitar 5 sampai 6 hari (tergantung dari ternaknya). Kolostrum pada ternak mengandung zat-zat aktif untuk imunitas seperti immonoglobulin dan zat antimikrobial seperti laktoferin, lactoperoksida dan lisozim, serta vitamin dan mineral. Konsumsi kolostrum pada jam pertama setelah lahir sangat penting agar anak ternak mendapat imunoglobulin untuk meningkatkan daya tahan terhadap mikroba patogen yang berbahaya, yang menyebabkan gangguan pencernaan, pernafasan dan gangguan lain pada periode postnatal (Floren et al., 2006). Blum, (2006) menambahkan konsumsi kolostrum sedini mungkin dapat memenuhi kebutuhan nutrisi (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral), untuk pertumbuhan normal dan perkembangan morfologi dan fungsional saluran gastro-intestinal sehingga dapat beradaptasi bila terjadi perubahan mendadak dari nutrisi induknya ke fetal setelah terjadi kelahiran.

Kualitas mikrobiologi kolostrum pada ternak dipengaruhi oleh :
1.   Pemerahan.
2.   Waktu pemerahan.
3.   Penanganan (handling).
4.   Pakan.
5.   Umur Ternak.

MANFAAT SUSU KOLOSTRUM
Kolostrum memiliki 3 manfaat/ fungsi yang sangat vital bagi anak yang baru dilahirkan yaitu: 1) fungsi laxatif/pencahar untuk membantu pengeluaran mucus yang melapisi saluran cerna anak yang baru dilahirkan sehingga mampu menyerap nutrisi yang dikonsumsi, 2) fungsi nutritif yaitu sebagai sumber nutrisi terutama energi yang sangat baik karena kandungan lemaknya yang tinggi bagi anak baru lahir yang memiliki cadangan energi relatif rendah saat dilahirkan dan 3) fungsi protektif yaitu mengandung senyawa antibodi untuk melindungi anak yang baru dilahirkan dari berbagai penyakit sebelum sistem pertahan tubuh anak berkembang dengan baik sampai umur 3 minggu. Dari sebab itu, asupan kolostrum ini menjadi sangat penting karena merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh anak yang baru dilahirkan. Dengan demikian, untuk mencegah tingkat kematian anak yang tinggi, maka anak yang baru dilahirkan harus mendapatkan kolostrum dari ambing induk dalam waktu setengah atau satu jam setelah dilahirkan. Beberapa saat setelah dilahirkan anak kambing mampu menyerap antibodi dalam kolostrum dengan efektif, namun kemampuan serap ini cepat menurun dalam waktu 48 jam setelah dilahirkan. Anak yang baru lahir harus segera dapat menyusui induknya agar mendapatkan kolostrum sebagai sumber anti bodi dan zat nutrisi.

KANDUNGAN NUTRISI KOLOSTRUM
KANDUNGAN HORMON DALAM KOLOSTRUM
Sumber:
Belli, L. L. H. 2009. Peran Kolostrum Dalam Transfer Imunitas Pasif Pada Anak Sapi Baru Lahir. Fakultas Peternakan Universitas Nusa Cendana, Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang 85001, Nusa Tenggara Timur. Wartazoa Vol. 19 No. 2.
Blum, J. 2006. Nutritional Physiology Of Neonatal Calves. J. Anim. Physiol. Anim. Nutr. 90: 1 – 11.
Davis, C.L. And J.K. Drackley. 1998. The Development, Nutrition, And Management Of The Young Calf. Iowa University State Press, Iowa. 338 P.
Floren, C.H., S. Chinenye, L. Elfstrand, C. Hagman And I. Ihse. 2006. Coloplus, A New Product Based On Bovine Colostrum, Alleviates Hiv-Associated Diarrhoea. Scandinavian J. Gastroenterol. 41: 682 –686.
Georgiev, I.P. 2008. Differences In Chemical Composition Between Cow Colostrum And Milk. Bulg. J. Vet. Med. 11(1): 3 – 12.
www.pertanianku.com