Sunday, December 20, 2015

TERNAK AYAM JAWA SUPER (KAMPUNG SUPER)

Ayam Jawa Super atau Ayam kampung super adalah hasil kawin silang antara Ayam Kampung jantan dengan Ayam Layer (Petelur) betina. Ayam yang disilangkan merupakan ayam yang memiliki kualitas genetik tinggi dan telah mengalamai pemuliabiakan sehingga performa pertumbuhannya lebih baik dari ayam jawa kebanyakan. Munculnya Ayam Jawa Super dilatar belakangi oleh tingginya permintaan konsumen untuk menyediakan menu ayam kampung dan minimnya ketersediaan di pasaran. Maka terciptalah inovasi kawin silang bernama Ayam Jawa Super yang performanya sangat mirip dengan ayam kampung. Untuk mendapatkan ayam jawa super yang baik dapat menggunakan teknik IB (inseminasi buatan). Untuk yang belum pahan silahkan dibaca terlebih dahulu:
Prospek Ayam Jawa Super sangat bagus, selain memiliki banyak peminat, peternak ayam super juga masih sedikit dibanding ternak ayam pedaging (broiler). Ayam jawa super diminati di kalangan rumah makan dan swalayan.
TERNAK AYAM JAWA SUPER (KAMPUNG SUPER)

Keunggulan Ayam Jawa Super adalah:
1.   Pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan ayam kampung (umur 60 hari atau 2 bulan bobotnya 0,85 bahkan sampai 1 kg sedang ayam kampung hanya 0,50 kg).
2.   Tubuh dan karkasnya mirip ayam kampung.
3.   Pemeliharaan mudah.
4.   Tekstur dagingnya sama dengan ayam kampung. Dari Uji preferensi (rasa), ternyata 80 % panelis tidak dapat membedakan masakan ayam potong lokal dengan ayam kampung. Uji pasar di rumah makan tradisional dan rumah makan modern menunjukkan bahwa masakan dari ayam hasil persilangan baik dalam bentuk segar maupun beku ternyata mempunyai kualitas yang sama dengan masakan ayam kampung.
5.   Harga jual stabil.
6.   Tahan penyakit dan stres.
Nilai harga jual ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan komoditas ayam yang lain, harga berkisar antara 25rb-28rb menurut riset pasar selama tahun 2012-2015. Penentu harga ayam kampung tetap mengikuti kaidah hukum ekonomi yaitu keadaan pasar, penawaran dan permintaan namun selama 5 tahun kami berkecimpung di pasar ayam kampung harganya relatif stabil dibandingkan dengan produk unggas ayam jenis lain.
Tehnik Pemeliharaan ayam Jawa Super relatif mudah dan simpel, kandang yang dibutuhkan tidaklah harus dibuat dengan biaya tinggi. Prinsipnya yaitu kandang kering, alas tidak basah dan lembab,sirkulasi cukup dan usahakan kandang dengan tipe postal/lantai semen. Cocok untuk usaha sampingan yang memiliki pekerjaan utama yang lain, pemberian pakan pagi dan sore disesuaikan sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan, dan vaksinasi juga perlu untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit.

Sumber:
Muryanto, D. Pramono, T. Prasetyo, S. Prawirodigdo, H. E. Mumpuni, E.Kushartanti dan I. Musawati. 2009. Rekomendasi Paket Teknologi Pertanian Provinsi Jawa Tengah, Bidang Penelitian dan Pengembangan Pertanian Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah 2009. ISBN : 978-979-9007-44-5.
www.ayamkampungku.com