Monday, September 28, 2015

PENGERTIAN BODY CONDITION SCORE (BCS)

Body Condition Score (BCS) merupakan suatu tehnik penilaian yang membantu peternak dalam menilai tingkat perlemakan atau kegemukan. Kisaran angka untuk menilai yaitu 1-9, berdasarkan bentuk dan konformasi tubuh (bukan berdasarkan bobok atau berat hidup). Sapi dengan bobot hidup sama kemungkinan memiliki BCS yang jauh berbeda. BCS diberikan berdasarkan pada perlemakan pada brisket, iga, punggung, pinggul, tulang duduk dan pangkal ekor. BCS pada sapi pedaging yang optimal adalah 5-7.

Penilaian ternak sapi sangat tergantung kepada : jenis, bangsa dan tipe ternak. Masing-masing jenis, bangsa dan type memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal produksi daging. Sapi Brahman dan sapi Simental (berbeda bangsa), dengan berat hidup yang sama akan menghasilkan jumlah dan kualitas daging yang berbeda.
PENGERTIAN BODY CONDITION SCORE (BCS)
Body Condition Score (BCS) atau skor kondisi tubuh sapi sangat mempengaruhi keberhasilan usaha penggemukan. Menurut OFAC (2010), sapi bakalan yang baik untuk digemukkan adalah sapi dengan nilai BCS 2,5 (kurus) dan 3 (sedang) untuk kisaran angka 1-5. Selama ini belum ada penelitian yang melihat perbedaan BCS antara bangsa sapi yang digemukkan pada usaha penggemukan, oleh karena itu perlu ada kajian ilmiah.