Friday, May 22, 2015

TINGKAH LAKU MAKAN PADA KELINCI

Perilaku makan dalam kelinci sangatlah mudah dilihat saat dilepas di area rumput. Mereka mula-mula akan berkeliling dengan perilaku khasnya untuk menyeleksi lingkungan. Pada lingkungan yang baru, kelinci akan berputar-putar melihat keadaan. Sebagai hewan yang memiliki rasa cemas terhadap lingkungan baru ia akan meyakinkan dirinya bahwa keadaan disekitarnya aman. Mula-mula, kepalanya mendongak kemudian ia akan berjalan. Setelah ia mendapatkan tempat yang aman segeralah ia akan mengencingi salah satu lokasi. Barulah mereka kemudian menikmati makan bersama kelinci lainnya. Dalam hal makanpun mereka menyesuaikan dengan perilaku sosial; dengan cara meniru kelinci lain yang lebih dewasa dan lebih berani memulainya. Kelinci akan mencoba-coba terlebih dahulu terhadap rumput yang baru. Jika dirasa cocok sesuai kebutuhan dirinya, ia akan memakannya. Kelinci memiliki kebiasaan berganti-ganti rumput saat makan, hal ini dikarenakan kebutuhan dasar tubuhnya yang sangat bergantung pada tanaman. Saat di dalam kandang, sewaktu kita memberi pakan yang baru hendaknya kita mencampurinya jenis pakan yang lama agar kelinci sedikit demi sedikit mulai terbiasa dengan pakan yang baru tersebut.

Kelinci sangat selektif dalam memilih pakannya. Kelinci akan lebih memilih bagian yang disukainya seperti daun yang lebih hijau dibandingkan yang kering, memilih daun dibandingkan batang, tanaman yang muda dibandingkan yang tua, sehingga pakan yang tinggi protein dan energi dicerna dan rendah serat yang diperoleh dari bahan tanaman. Tingkah laku makan pada kelinci juga dapat dipengaruhi oleh faktor sosial. Kelinci akan makan lebih banyak jika dikandangkan secara kelompok karena adanya peningkatan stimulasi dan adanya kompetisi.
TINGKAH LAKU MAKAN PADA KELINCI
Selain itu tingkah laku makan kelinci yaitu menggaruk atau scrabbling yaitu  mengais makanan keluar dari tempat pakan sehingga menyebabkan pakan terbuang. Scrabbling sering dijadikan acuan jika pelet yang diberikan kurang baik maka pellet tersebut diganti dengan kualitas yang lebih baik. Mengunyah bulu juga merupakan tingkah laku makan pada kelinci. Hal ini biasanya diartikan bahwa pakan yang diberikan rendah serat kasar atau protein. Pemberian hay dapat menghentikan tingkah laku ini. Blok kayu dalam kandang biasanya akan digigiti karena memberikan serat dan menjaga gigi bawah kelinci dari cacing (Cheeke et al., 2000).

Anne McBride, seorang ahli pengamat tingkah laku binatang, menyatakan bahwa ada 3 macam pola makan kelinci. Pertama, pola kasual yakni kelinci biasanya akan makan lahap di daerah yang aman dan dalam keadaan rileks. Kedua, jika kelinci terlihat makan secepat mungkin, artinya ia merasa ada bahaya atau ada cuaca buruk yang akan datang padanya. Ketiga, pola normal. Maksudnya, kelinci bisa makan tanpa gangguan apapun, di dalam dan di luar kandang.
Sumber: Cheeke, P. R., McNitt, J. I., & N. M. Patton. 2000. Rabbit Production. 8th Edition. Interstate Publisher Inc, Denville, Illionois.

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon