Wednesday, April 15, 2015

YOGHURT KAYA AKAN VITAMIN E

Pengertian yoghurt berdasarkan SNI nomor 2981 : 2009 produk yang diperoleh dari fermentasi susu dan atau susu rekonstitusi dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dan ataubakteri asam laktat lain yang sesuai, dengan/atau tanpa penambahan bahan pangan laindan bahan tambahan pangan yang diizinkan. Yoghurt adalah produk hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dengan perbandingan yang sama. Yoghurt mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi daripada susu segar sebagai bahan dasar dalam pembuatan yoghurt, terutama karena meningkatnya total padatan sehingga  kandungan zat-zat gizi lainnya juga meningkat. Selain itu, yoghurt sesuai bagi penderita lactose intolerance atau yang tidak toleran terhadap laktose. Fermentasi susu menjadi yoghurt dilakukan dengan bantuan bakteri asam laktat yaitu Lactobacilus bulgaricus dan Streptococcus   thermophilus. L. bulgaricus adalah bakteri gram positif berbentuk batang dan tidak membentuk endospora. Dalam susu, L. bulgaricus akan mengubah laktosa menjadi asam laktat. Bakteri ini bersifat termodurik dan homofermentatif, dengan suhu optimum untuk pertumbuhannya sekitar 45oC. Kondisi optimum untuk pertumbuhannya adalah sedikit asam atau sekitar pH 5,5. S. thermophilus adalah bakteri gram positif berbentuk bulat, sering pertumbuhannya berbentuk rantai. Bakteri ini dapat diklasifikasikan sebagai bakteri homofermentatif dan termodurik dengan pH optimum untuk pertumbuhannya sekitar 6,5 (Helferich dan Westhoff 1980). 
YOGHURT KAYA AKAN VITAMIN E
A.  Pengertian vitamin E
Vitamin adalah zat utama bagi kesehatan dan fungsi tubuh, termasuk vitamin E. tanpa vitamin maka kesehatan akan menurun dan beberapa organ tubuh kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Vitamin E adalah nama yang diberikan untuk dua kelompok molekul yaitu tocopherol dan tocotrienol yang larut dalam lemak dan bersifat antioksidan. Vitamin E tidak bisa larut dalam air namun bisa larut dalam lemak. Dalam tubuh kita vitamin E akan dicerna oleh empedu, yang berfungsi sebagai pengemulsi minyak. Karena sifatnya yang antioksidan maka vitamin E sangat bermanfaat untuk kesehatan.

B.  Sumber vitamin E
Vitamin E dapat diperoleh dari bahan makanan seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, bayam, brokoli, buah pepaya, kedelai, coklat hitam, kubis, alpukat, selada, strawberry, buncis, ubi jalar, minyak jagung.

C.  Cara Pembuatan Yoghurt kaya vitamin E
Prinsip pembuatan yoghurt kaya vitamin E ini hampir sama dengan pembuatan yoghurt biasanya, yaitu dengan fermentasi bakteri asam laktat dan penambahan kacang hijau sebagai sumber vitamin E. Langkah-langkah pembuatan yoghurt kaya vitamin E antara lain sebagai berikut :
1.   Siapkan susu yang sudah dicairkan dengan air matang sebanyak 1 liter lalu tambahkan susu krim sebanyak 15%.
2.   Campur susu dengan sari kacang hijau yang telah dibuat sebelumnya.
3.   Masak dengan api kecil sambil diaduk terus selama 30 menit tetapi jangan sampai mendidih. Hal ini hanya bertujuan untuk menguapkan air sehingga nantinya akan terbentuk gumpalan atau solid yoghurt.
4.   Jika sudah, solid yoghurt lalu diangkat dan didinginkan kira-kira sampai hangat-hangat kuku baru kemudian ditambahkan bibit yoghurt sebanyak 2 – 5% dari jumlah yoghurt yang sudah mengental tadi. Bibit yoghurt memang tidak dijual di pasaran secara bebas tetapi dapat anda peroleh disalah satu toko. Atau secara sederhananya kita dapat menggunakan yogurt yang plain (tanpa rasa tambahan), tanpa gula dan tanpa aroma sebagai bibit yoghurt.
5.   Diamkan selama 24 jam dalam wadah tertutup untuk menghasilkan rasa asam dan bentuk yang kental .
6.   Semakin tinggi total solidnya maka cairan bening yang tersisa semakin sedikit, dan yoghurt yang dihasilkan semakin bagus. Solid yoghurt yang belum diberikan tambahan rasa ini dapat juga dijadikan bibit yoghurt untuk pembuatan selanjutnya.
7.   Yoghurt yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Kalaupun kita ingin menggunakan wadah plastik sebaiknya yang agak tebal, akan tetapi bila ingin menyimpan yoghurt untuk waktu yang lebih lama sebaiknya menggunakan wadah kaca.

D.  Manfaat bagi tubuh
Manfaat mengkonsumsi yoghurt bagi tubuh yaitu diantaranya :
1.   Yoghurt dapat membuat pencernaan lebih sehat.
2.   Yoghurt mampu mengatasi diare.
3.  Yoghurt bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina dengan menghambat perkembangan jamur, karena yoghurt mampu mengurangi tingkat keasaman (pH).
4.   Yoghurt dapat mencegah resiko terserang darah tinggi.
5.   Yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan kalsium.
6.   Yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
Vitamin E mempunyai peran dan manfaat yang spesifik bagi kesehatan dan berfungsinya organ tubuh kita. Manfaat vitamin E bagi kesehatan diantaranya adalah :
1.   Meningkatkan daya tahan tubuh
2.   Menambah kesuburan bagi pria dan wanita
3.   Membantu menanggulangi stres
4.   Mengurangi kolesterol,  risiko kanker, stroke dan penyakit jantung koroner
Mampu mengencerkan darah serta meningkatkan aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan plak di dinding arteri.
5.   Sebagai antioksidan
Antioksidan dapat membantu mencegah dan menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan radikal bebas merusak struktur sel, yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menyebabkan kanker.
Kekurangan vitamin E akan menyebabkan sel darah merah terbelah. Proses ini disebut hemolisis eritrodit dan dapat dihindari dengan vitamin E. Akibat lain kekurangan vitamin E adalah :
1.   perubahan degeneratif pada sistem saraf dan otot
2.   kelemahan dan kesulitan berjalan
3.   nyeri pada otot betis
4.   gangguan penglihatan
5.   anemia
6.   retensi cairan (odem)
7.   kelainan kulit

KESIMPULAN
Pentingnya inovasi dalam pengolahan produk peternakan untuk meningkatkan mutu dan kualitasnya. Salah satu produk yang perlu dikembangkan antara lain pengolahan susu menjadi yoghurt. Manfaat dari mengkonsumsi yoghurt yaitu : yoghurt dapat membuat pencernaan lebih sehat, yoghurt mampu mengatasi diare, yoghurt bermanfaat untuk mencegah infeksi vagina dengan menghambat perkembangan jamur, karena yoghurt mampu mengurangi tingkat keasaman (pH), yoghurt dapat mencegah resiko terserang darah tinggi, yoghurt dapat mencegah penyakit osteoporosis karena memiliki kandungan vitamin D dan kalsium, yoghurt mengandung berbagai zat yang bergizi yang sangat berguna untuk mencegah kanker.
Pembuatan yoghurt dengan penambahan sari kacang hijau diharapkan mampu menambah nilai gizi dari yoghurt. Nilai gizi yang diharapkan bertambah adalah kandungan vitamin E dalam yoghurt. Beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh antara lain : meningkatkan daya tahan tubuh, menambah kesuburan bagi pria dan wanita, membantu menanggulangi stres, mengurangi kolesterol,  risiko kanker, stroke dan penyakit jantung koroner, sebagai antioksidan.

DAFTAR PUSTAKA
Buckle, K.A. et al. 1985. Ilmu Pangan. Jakarta : UI Press.
Anonima. 2012. Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan. http://ngenee.blogspot.com/2012 /08/10-manfaat-vitamin-e-bagi-kesehatan.html diakses pada tanggal 15 Oktober 2012 Pukul 14.00 WIB
               b. 2012. Beberapa Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan. http://info-kesehatan.net/beberapa-manfaat-vitamin-e-untuk-kesehatan/ diakses pada tanggal 15 Oktober 2012 Pukul 14.00 WIB
               c. 2012. Yoghurt Turunkan Kolesterol dan Cegah Kanker. http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/sehat/2012/04/16/769/Yoghurt-Turunkan-Kolesterol-dan-Cegah-Kanker diakses pada tanggal 15 Oktober 2012 Pukul 14.00 WIB
               d. 2012. Manfaat Yoghurt yang Perlu Diketahui. http://www.kesehatan123.com/2564/manfaat-yoghurt-yang-perlu-anda/ diakses pada tanggal 15 Oktober 2012 Pukul 14.00 WIB
SNI 2981 : 2009. Yoghurt.
Wahyudi, Marman. 2006. Proses Pembuatan dan Analisis Mutu Yoghurt.  Buletin Teknik Pertanian Vol. 11 No. 1

Ketentuan berkomentar :

* Dilarang menautkan link aktif maupun link mati

* Dilarang berkomentar yang Di Luar Topik (OOT)
EmoticonEmoticon